Skip to main content
Skip to main navigation menu
Skip to site footer
Open Menu
Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Penelitian Tindakan Kelas
Current
Archives
About
About the Journal
Submissions
Privacy Statement
Search
Register
Login
Home
/
Archives
/
2024
2024
Published:
2024-05-07
Articles
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VII PADA MATERI EKOSISTEM BERBASIS MAKING A PRODUCT BERBANTUAN LKPD
Ade Nikmah Latifiani, Agust Winarno, Fidia Fibriana
1-8
PDF
Upaya Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas VII pada Materi Ekosistem Menggunakan Model Pembelajaran Bermain Peran (Roleplaying)
Adeda Fitri Anastia, Sri Kurniawati, Fidia Fibriana
9-15
PDF
Analisis Keterampilan Kreativitas Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Metode Praktikum Kelas VIII SMPN 1 Semarang
Adhelia Rahma Sari, Fidia Fibriana, Sri Kurniawati
16-26
PDF
Peningkatan Kemampuan Kolaborasi Kelas 8A SMPN 42 Semarang dengan Model Pembelajaran PBL dengan Media LKPD
Afidah Rafiud Nafi, Latif Masjkuri, Endah Peniati
27-37
PDF
Penggunaan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar pada Peserta Didik Kelas VII H SMP Negeri 1 Semarang
Agustina Alverasima Nugraheni, Agust Winarno, Fidia Fibriana
38-44
PDF
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Afektif dan Kognitif Peserta Didik Melalui Pemanfaatan Gadget dalam Pembelajaran Discovery Learning Kelas VIII C SMPN 2 Semarang
Ahmad Afdholi, Dyah Purwaningrum, Parmin Parmin
45-52
PDF
Penerapan Problem Based Learning Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Kemampuan Kolaborasi Peserta Didik SMP
Aidah Wuryaningtyas, Dyah Purwaningrum, Parmin Parmin
53-60
PDF
Upaya Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada Pembelajaran IPA
Alif Supriyanto, Dyah Purwaningrum, Parmin Parmin
61-67
PDF
Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Kelas VII B SMP Negeri 2 Semarang melalui Metode Role Playing
Alvania Nabila Tasyakuranti, Putie Dayani, Parmin Parmin
68-78
PDF
Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Kelas VII C SMPN 2 Semarang menggunakan Alat Peraga
Amanatur Rifqi, Putie Dayani, Parmin Parmin
79-86
PDF
Penerapan Model Pembelajaran PJBL Terintegrasi Teknik Keterampilan Sosial Emosional untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas VIII C SMPN 4 Semarang
Amir Hasim, Tintin Rednoningsih, Sri Sukaesih
87-98
PDF
Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Melalui Model Discovery Learning pada Pembelajaran IPA Kelas VIII B SMP Negeri 4 Semarang
Ana Noor Afdilla, Tintin Rednoningsih, Sri Sukaesih
99-111
PDF
Strategi Active Knowledge Sharing untuk Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi dan Hasil Belajar IPA Kelas VIII D
Anisa Indah Pratiwi, Tintin Rednoningsih, Sri Sukaesih
112-128
PDF
Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik dengan Penerapan Model Discovery Learning di SMP N 4 Semarang
Annisa Aulia, Tintin Rednoningsih, Sri Sukaesih
129-136
PDF
Peningkatan Keterampilan Komunikasi dan Motivasi Belajar Siswa Melalui Game Based Learning Berbantuan Media Quizizz pada Pembelajaran IPA
Arik Pujiyanti, Supeni Supeni, Sri Sukaesih
137-147
PDF
Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Siswa IPA SMP Kelas 7
Arneta Sabella Kusumaningrum, Supeni Supeni, Sri Sukaesih
148-156
PDF
PENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS VII C SMP NEGERI 4 SEMARANG
Arum Maya Anggraeni, Supeni Supeni, Sri Sukaesih
157-164
PDF
Peningkatan Kemampuan Kolaborasi Siswa Kelas IXE SMPN 5 Semarang Melalui Model Pembelajaran PjBL Berbantuan Gallery Walk
Arum Mulyani, Joto Budojo, Sudarmin Sudarmin
165-173
PDF
Peningkatan Kemampuan Komunikasi Siswa Melalui Model Pembelajaran PjBL-Window Shopping di Kelas IX D SMPN 5 Semarang
Asmini Mauliyawati, Joto Budojo, Sudarmin Sudarmin
174- 180
PDF
Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Kelas IXF Materi Bioteknologi Melalui Pjbl-Market Place Activity di SMPN 5 Semarang
Atasya Desita Putri, Joto Budojo, Sudarmin Sudarmin
181-189
PDF
Peningkatan Keterampilan Proses Sains Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning pada Materi Cahaya dan Alat Optik Kelas VIII H SMPN 5 Semarang
Atik Annasichah, Yustin Mediasari, Sudarmin Sudarmin
190-201
PDF
Peningkatan Sikap Ilmiah Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Phet pada Pembelajaran IPA Kelas VIII I SMPN 5 Semarang
Aulia Isnaini Nurul Fadilah, Yustin Mediasari, Sudarmin Sudarmin
202-211
PDF
Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery Learning untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII C SMPN 6 Semarang
Aulia Sallimna Arba, Hari Rusiani, Endah Peniati
212-218
PDF
Penerapan Asesmen Formatif Quizizz Terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Model Problem Based Learning Kelas VIII
Ayu Wulandari, Hari Rusiani, Endah Peniati
219-225
PDF
Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Cahaya Kelas 8 di SMPN 6 Semarang
Ayunda Nurrahma Fitri, Nunik Farida
226-231
PDF
Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik SMP Negeri 6 Semarang
Ayutia Indra Hartanti, Nunik Farida, Endah Peniati
232-238
PDF
Implementasi Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VII C di SMPN 6 Semarang
Az-Zafira Syairul Faizah, Budiastuti Budiastuti, Endah Peniati
239-245
PDF
Peningkatan Keaktifan Peserta didik kelas VII B SMP N 6 Semarang Melalui Model Guide-Context Problem Based Learning
Azimatul Khusniah, Budiastuti Budiastuti
246-252
PDF
Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII A SMP Negeri 6 Semarang Materi Ekologi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two-Stay Two-Stray (TSTS)
Binti Farida Muflihah, Budiastuti Budiastuti
253-261
PDF
Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas IX-D Melalui Model Cooperative Learning pada Mata Pelajaran IPA
Dewi Risma Winari, Ani Rusilowati, Koko Supratiyoko
262-268
PDF
Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Partikel Kelas 9f SMP Negeri 7 Semarang
Dewi Yuliani, Koko Supratiyoko, Ani Rusilowati
269-276
PDF
Pendekatan TaRL melalui Tutor Sebaya untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IXB SMP Negeri 7 Semarang
Diah Ayu Istiqomah, Koko Supratiyoko, Ani Rusilowati
277-284
PDF
Penerapan Model PBL Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains dan Keaktifan Siswa Kelas IX A SMP Negeri 7 Semarang
Diah Intan Pusparini, Koko Supratiyoko, Ani Rusilowati
285-302
PDF
Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Augmented Reality dalam Meningkatkan Minat Belajar IPA Siswa Kelas VII SMPN 7 Semarang
Dian Ayu Fitriani, Wainingrum Wainingrum, Ani Rusilowati
303-315
PDF
Peningkatan Minat Belajar IPA Peserta Didik melalui Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan Media Audiovisual
Diane Lutfia Rachma, Wainingrum Wainingrum, Ani Rusilowati
316-324
PDF
Upaya Meningkatkan Minat Belajar IPA Peserta Didik Kelas VII E SMP Negeri 7 Semarang melalui Penerapan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT)
Diyah Ayu Pitaloka, Wainingrum Wainingrum, Ani Rusilowati
325-338
PDF
Peningkatan Ketrampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas VIII C SMP N 9 Semarang Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning pada Materi Struktur Bumi dan Perubahannya
Diyas Ratnaningsih Widiastuti, Latifatul Hamidah, Sri Ngabekti
339-347
PDF
Peningkatan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas VIII D SMP Negeri 9 Semarang Melalui Model Problem Based Learning
Donita Mega Silvia, Latifatul Hamidah, Sri Ngabekti
348-361
PDF
Implementasi Model Pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Berdasarkan Gaya Belajar Siswa Kelas VIII-D di SMP N 11 Semarang
Dwi Fatul Oktafiani, Heru Damayanti, Risa Dwita Hardianti
362-370
PDF
Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Socio-Scientific Issue untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa Kelas VII SMPN 11 Semarang
Dyah Arum, Heru Damayanti, Risa Dwita Hardianti
371-379
PDF
Penerapan Model Pembelajaran PBL Berbantuan Phet untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa Kelas VIII E di SMP Negeri 11 Semarang
Elang Fatahillah, Risa Dwita Hardianti, Heru Damayanti, Etik Zusnaningsih
380-388
PDF
Peningkatan Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas VIII SMPN 11 Semarang Melalui Problem-Based Learning Berbasis Stem pada Pembelajaran IPA
Elfa Mayuha, Heru Damayanti, Risa Dwita Hardianti
389-395
PDF
Peningkatkan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik pada Pembelajaran IPA Kelas VIII SMPN 11 Semarang Melalui Problem Based Learning Berbasis Stem
Elia Rina Pratiwi Br Sembiring, Heru Damayanti, Risa Dwita Hardianti
396-405
PDF
Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning Berpendekatan CRT Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Kelas VII pada Pembelajaran IPA
Ellyana Lutfianingrum, Etik Zusnaningsih, Risa Dwita Hardianti
406-414
PDF
Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Melalui Model PBL Berbasis Culturally Responsive Teaching pada Pembelajaran IPA Kelas VII-A SMP N 13 Semarang
Ellynsia Salwa Fawwaziara, Catur Rahmawati, Novi Ratna Dewi
415-424
PDF
Model Pembelajaran TGT berbantuan Wordwall untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas VII-C SMPN 13 Semarang
Elsada Febryanti, Catur Rahmawati, Novi Ratna Dewi
425-432
PDF
Peningkatan Kolaborasi Peserta Didik Kelas VIII-E SMPN 13 Semarang pada Pelajaran IPA Melalui Model Problem Based Learning
Elva Nurul Khusna, Soimatussa’diyah Soimatussa’diyah, Novi Ratna Dewi
433-441
PDF
Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis TaRL pada Pembelajaran IPA Kelas VIII
Elvira Chrisma Aprila Fitnanto, Soimatussa’diyah Soimatussa’diyah, Novi Ratna Dewi
442-451
PDF
Implementasi Model Project Based Learning Berbasis TaRL Guna Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi Peserta Didik Kelas VIII H SMPN 13 Semarang
Ema Noviana, Novi Ratna Dewi, Sri Lestari
452-464
PDF
Optimalisasi Minat Belajar Siswa dengan Model Number Head Together dan Simulasi PhET Cahaya-Alat Optik
Enggar Novita Anggraeni, Nuni Widiarti, Ika Kurniawati Yudaningtias
465-477
PDF
Peningkatan Keterampilan Komunikasi Melalui Model Pembelajaran Window Shopping pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII SMP N 14 Semarang
Erika Widya Meiulianawati, Ika Kurniawati Yudaningtias, Nuni Widiarti
478-488
PDF
Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Melalui Model Problem Based Learning pada Pembelajaran IPA Kelas VIII SMP Negeri 14 Semarang
Ermita Khusniyatul Alawiyah, Ika Kurniawati Yudaningtias, Nuni Widiarti
489-498
PDF
Penerapan Model Student Team Achievement Division untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik di SMP Negeri 14 Semarang
Erna Windarti Noor Cahyani, Sumarti Sumarti, Nuni Widiarti
499-509
PDF
Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Peserta Didik Kelas VII A SMP Negeri 14 Semarang Materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati
Etik Siti Handayani, Sumarti Sumarti, Nuni Widiarti
510-521
PDF
Implementasi Model Pembelajaran Role Playing dalam Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi pada Peserta Didik Kelas VII SMPN 14 Semarang
Evi Diniaryani, Sumarti Sumarti, Nuni Widiarti
522-532
PDF
Penerapan Model PBL Berbantuan Edform untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas Vii B SMP Negeri 14 Semarang
Fahma Rasyida, Sumarti Sumarti, Nuni Widiarti
533-539
PDF
Penerapan E-LKPD (Elektronik-Lembar Kerja Peserta Didik) Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi dan Komunikasi Kelas VII I SMP Negeri 15 Semarang
Faradiba Desy Aulia, Suhartono Suhartono, Arif Widyatmoko
540-549
PDF
Penerapan Model Problem Based Learning Berbasis Metode Praktikum Sederhana untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Kelas VIII C SMP Negeri 15 Semarang
Fathimah Fathimah, Suhartono Suhartono, Arif Widyatmoko
550-561
PDF
Penerapan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Kelas VIII A SMP Negeri 15 Semarang
Fernanda Chaera Nurlisa, Suhartono Suhartono, Arif Widiyatmoko
562-572
PDF
Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Pendekatan TaRL untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 15 Semarang
Feronica Agustina Ginting, Tri Naluri, Arif Widiyatmoko
573-580
PDF
Peningkatan Literasi Sains Peserta Didik Kelas VIII SMPN 15 Semarang Materi Struktur Bumi dan Perkembangannya Melalui Stem Berbasis Socio Scientific Issue
Fikri Ahmad Kamal, Tri Naluri, Arif Widiyatmoko
581-591
PDF
Peningkatan Kreativitas Belajar melalui Metode Mind Mapping pada Pelajaran IPA di SMP Negeri 15 Semarang
Fina Al Fatikhiah, Irsya Desmarita, Arif Widiyatmoko
592-599
PDF
Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas VII B SMP Negeri 15 Semarang
Fina Fatimatuz Zahro, Irsya Desmarita, Arif Widiyatmoko
600-606
PDF
Penerapan Discovery Learning Menggunakan LKPD untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA dan Keterampilan Kolaborasi Siswa Materi Ekologi dan Keaneragaman Hayati Kelas VII SMP Negeri 16 Semarang
Fina Syifa’un Nufus, Tri Dasa Januarsi, Bambang Subali
607-613
PDF
Upaya Meningkatkan Penguasaan Materi Pesawat Sederhana melalui LKPD Discovery Learning pada Pembelajaran IPA Kelas VIII
Fira Rosmaliana Febrianti, Tri Dasa Januarsi, Bambang Subali
614-624
PDF
Peningkatan Keterampilan Komunikasi Peserta Didik Kelas VIII H SMP Negeri 16 Semarang Tahun Ajaran 2023/2024 pada Materi Cahaya melalui Metode Game
Firda Nur Baiti, Badrul Anwar, Anisa Nur Fatma, Bambang Subali
625-632
PDF
Pembelajaran Discovery Learning Berpendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) Materi Cahaya dan Alat Optik untuk Melatih Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Kelas VIII E Tahun Ajaran 2023/2024 SMPN 16 Semarang
Fitriyani Mutiara Candra, Badrul Anwar, Anton Satria Prabuana, Bambang Subali
633-642
PDF
Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Materi Cahaya melalui Pembelajaran Discovery Learning pada Peserta Didik Kelas VIII F SMPN 16 Semarang Tahun Ajaran 2023/2024
Fivi Amelia, Badrul Anwar, Anton Satria Prabuana, Bambang Subali
643-648
PDF
Peningkatan Literasi Numerasi Siswa Materi Usaha, Energi dan Pesawat Sederhana Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning pada Kelas VIII SMPN 16 Semarang
Flora Umaya, Bambang Subali, Tri Dasa Januarsi
649-657
PDF
Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Materi Cahaya Melalui Pembelajaran Think Pair Share Pada Peserta Didik Kelas VIII G SMP Negeri 16 Semarang Tahun Ajaran 2023/2024
Frilly Noor Aristyana, Badrul Anwar, Anisa Nur Fatma, Bambang Subali
658-664
PDF
Peningkatan Pemahaman IPA Peserta Didik Kelas IX F SMP Negeri 17 Semarang Melalui Model Discovery Learning
Galih Desy Wulandari, Novita Kusuma Wardani, Stephani Diah Pamelasari
665-674
PDF
Peningkatan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas IXB SMPN 17 Semarang Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning
Galih Wasesa, Novita Kusuma Wardani, Stephani Diah Pamelasari
675-679
PDF
Peningkatan Penguasaan Konsep Melalui Model (Reading, Mind Mapping and Sharing) pada Siswa Kelas IX SMPN 17 Semarang
Gus Sifa, Novita Kusuma Wardani, Stephani Diah Pamelasari
680-687
PDF
Peningkatan Kemampuan Komunikasi Peserta Didik SMP Negeri 17 Semarang melalui Model Pembelajaran Discovery Learning
Gustina Saputri, Novita Kusuma Wardani, Stephani Diah Pamelasari
688-696
PDF
Peningkatan Pemahaman Konsep IPA Peserta Didik Dengan Model Discovery Learning Kelas IX G SMP N 17 Semarang
Halisa Maria Iglisias, Martha Sadiyati, Stephani Diah Pamelasari
697-705
PDF
Peningkatan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas VIII E SMPN 17 Semarang melalui Model Problem Based Learning
Hana Juli Widiastutik, Martha Sadiyati, Stephani Diah Pamelasari
706-717
PDF
Peningkatan Pemahaman Konsep IPA Melalui Model Discovery Learning Berbantu Wordwall Kelas VIIIG SMP Negeri 17 Semarang
Hana Novitasari, Martha Sadiyati, Stephani Diah Pamelasari
718-727
PDF
Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA siswa kelas VIII D SMPN 18 Semarang
Hannatun Nusroh, Nining Kusumaningsih, Wiyanto Wiyanto
728-734
PDF
Peningkatan Pemahaman Konsep IPA Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Interaktif Kelas VIID SMPN 18 Semarang
Hernika Ifada, Nining Kusumaningsih, Wiyanto Wiyanto
735-741
PDF
Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Kelas 7 C SMP Negeri 18 Semarang
Hidayatul Isna, Nining Kusumaningsih, Wiyanto Wiyanto
742-749
PDF
Upaya Peningkatan Literasi Membaca Dan Hasil Belajar IPA Melalui Model Discovery Learning Berbantuan PhET
Hilda Putri Ainunnisa, Indah Yulianti Irianingrum, Wiyanto Wiyanto
750-761
PDF
Peningkatan Literasi Membaca melalui Penerapan Discovery Learning pada Pembelajaran IPA Kelas IX-F SMP Negeri 18 Semarang
Ifti Rahmatika, Indah Yulianti Irianingrum, Wiyanto Wiyanto
762-768
PDF
Peningkatan Kemandirian Belajar Peserta Didik melalui Media Live Worksheet Kelas VIII G DI SMP Negeri 19 Semarang
Ika Fadhilla, Sri Muryani, Hartono Hartono
769-778
PDF
Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik melalui Model Pembelajaran Discovery Learning pada Materi Unsur dan Senyawa Kelas VIII E SMP Negeri 19 Semarang
Imtyyas Yumna Nuraeni, Sri Muryani, Hartono Hartono
779-789
PDF
Penerapan Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar IPA Peserta Didik Kelas VII-D SMP Negeri 19 Semarang
Inas Kurniasih, Rr Sulistyorini, Hartono Hartono
790-799
PDF
Implementasi Problem Based Learning Berbantuan Video YouTube untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Kelas 7B SMPN 19 Semarang
Inayatul Maula, Rr. Sulistyorini, Hartono Hartono
800-804
PDF
Peningkatan Kemampuan Kolaborasi melalui Model Project Based Learning pada Peserta Didik Kelas VIII E SMP Negeri 20 Semarang
Indah Lestariningsih, Hernis Setiana, Nuni Widiarti
805-812
PDF
Analisis Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Peningkatan Keaktifan dan Motivasi Belajar Peserta Didik
Indriyati Indriyati, Hernis Setiana, Nuni Widiarti
813-823
PDF
Peningkatan Kemampuan Komunikasi Menggunakan Model Problem Based Learning pada Pembelajaran IPA di Kelas VIII SMP
Intan Nissa Fatimah, Hernis Setiana, Nuni Widiarti
824-830
PDF
Penerapan Model Pembelajaran Two Stray Two Stay untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi pada Siswa Kelas VIII SMP
Irfan Ihza Wardana, Cipto Turahman, Nuni Widiarti
831-837
PDF
Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Bertanya Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII SMP Negeri 20 Semarang
Intan Rizky Amalia, Nuni Widiarti, Hernis Setiana
838-845
PDF
Upaya Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi melaui Pendekatan TaRL pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 20 Semarang
Ismi Wahyuningsih, Cipto Turahman, Nuni Widiarti
846-853
PDF
Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik melalui Model Problem Based Learning Kelas VII SMPN 20 Semarang
Isna Dzatul Afifah, Cipto Turahman, Nuni Widiarti
854-859
PDF
Peningkatan Keterampilan Kolaborasi melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Permainan pada Kelas VIII C SMP Negeri 21 Semarang
Isna Novebriana Jazirotunnisa, Rachayuni Rachayuni, Andin Irsadi
860-867
PDF
Peningkatan Keterampilan Kolaborasi melalui Pembelajaran Berbasis Praktikum pada Peserta Didik Kelas VIII B SMP Negeri 21 Semarang
Ista Anifa Adlaa, Rachayuni Rachayuni, Andin Irsadi
868-875
PDF
Peningkatan Keterampilan Kolaborasi melalui Metode Pembelajaran Berbasis Games pada Peserta Didik Kelas VIII D SMP Negeri 21 Semarang
Jesica Regardin Iraka, Romiyadi Romiyadi, Andin Irsadi
876-882
PDF
Penerapan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa Kelas VII E SMP Negeri 21 Semarang
Juharoh Indri Lestari, Romiyadi Romiyadi, Andin Irsadi
883-896
PDF
Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik dengan Model Problem Based Learning di Kelas VII A SMP Negeri 21 Semarang
Karunia Dwi Susanti, Tri Sukartiningsih, Andin Irsadi
897-908
PDF
Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Kelas VII C SMP Negeri 21 Semarang
Khiyarotun Nafisah, Tri Sukartiningsih, Andin Irsadi
909-919
PDF
Peningkatan Minat Belajar IPA Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Berpendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) pada Siswa Kelas VII H SMPN 22 Semarang
Khoiriyyah Ana Mulyaningrum, Kusdiono Kusdiono, Parmin Parmin
920-932
PDF
Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IXG SMPN 22 Semarang
Labib Dhiyaul, Kusdiono Kusdiono, Parmin Parmin
933-938
PDF
Peningkatan Motivasi Belajar IPA melalui Pendekatan Jelajah Alam Sekitar pada Siswa Kelas VII G SMP Negeri 22 Semarang
Lailatul Khoirun Ni’mah, Kusdiono Kusdiono, Parmin Parmin
939-947
PDF
Peningkatan Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas VII C SMP Negeri 22 Semarang melalui Problem Based Learning
Lamdari Sulistiyani, Win Yunarwi, Parmin Parmin
948-954
PDF
Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa melalui Model Problem Based Learning di Kelas VII D SMP Negeri 22 Semarang
Lani Amalia, Win Yunarwi, Parmin Parmin
955-960
PDF
Peningkatan Keterampilan Proses Sains (KPS) Siswa Kelas 7A SMP Negeri 23 Semarang melalui Metode JAS
Layyinatus Sifah, Eko Sustiyani, Risa Dwita Hardianti
961-968
PDF
Penerapan Metode Ooutdoor Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA di Kelas VII G SMPN 23 Semarang Tahun Ajaran 2023/2024
Lia Herlina, Mubarok Mubarok, Risa Dwita Hardianti
969-978
PDF
Peningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas VII F SMPN 23 Semarang Melalui Model Project Based Learning
Lilih Ardhista Junaidi, D. Anna Mulia Virgayantie, Risa Dwita Hardianti
979-987
PDF
Peningkatan Pemahaman Konsep IPA Peserta Didik Kelas VIII G SMPN 23 Semarang Tahun Pelajaran 2023/2024 melalui Model Pembelajaran Guided Inquiry
Lilyana Aisyah Triwati, Eko Sustiyani, Risa Dwita Hardianti
988-1000
PDF
Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik Kelas VII F SMPN 23 Semarang
Lin Eflina Nailufa, D. Anna Mulia Virgayantie, Risa Dwita Hardianti
1001-1009
PDF
Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kolaborasi Peserta Didik Kelas VII E SMPN 23 Semarang
Lintangsari Lintangsari, D. Anna Mulia Virgayantie, Risa Dwita Hardianti
1010-1020
PDF
Peningkatan Keterampilan Proses Sains melalui Model Problem Based Learning (PBL) Siswa Kelas VII H SMP Negeri 23 Semarang Tahun 2024
Lisna Amalia Afni Agustina, Mubarok Mubarok, Risa Dwita Hardianti
1021-1027
PDF
Implementasi Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VII SMPN 24 Semarang
Lutfiana Maula, Prapti Ngesti Rahayu, Ani Rusilowati
1028-1037
PDF
Penerapan Metode Praktikum untuk Meningkatkan Kolaborasi Peserta Didik Kelas IX di SMPN 41 Semarang
Luthfi Hanum Saputri, Sukimin Sukimin, Novi Ratna Dewi
1038-1045
PDF
Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup dengan Model Problem Based Learning
Lutiatun Hikmah, Prapti Ngesti Rahayu, Ani Rusilowati
1046-1053
PDF
Peningkatan Keterampilan Komunikasi Peserta Didik di SMP Negeri 24 Semarang melalui Model Problem Based Learning (PBL)
Maghfirotun Nisa, Prapti Ngesti Rahayu, Ani Rusilowati
1054-1062
PDF
Peningkatan Kemampuan Berkomunikasi Lisan dengan Model Discovery Learning Berpendekatan Teaching at The Right Level di Kelas VIII H SMP Negeri 24 Semarng
Maghfirotus Sholikha, Retno Mujiastuti, Ani Rusilowati
1063-1072
PDF
Peningkatan Literasi Sains Siswa Menggunakan Pendekatan TARL Berbantukan E-LKPD di SMPN 24 Semarang
Mailly Paiticen, Retno Mujiastuti, Ani Rusilowati
1073-1082
PDF
Penerapan Video Edukasi Berpendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) untuk Meningkatkan Motivasi Siswa pada Materi Unsur, Senyawa, dan Campuran
Maudy Nur Achsani, Widajati Widajati
1083-1093
PDF
Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Siswa Kelas VIII Mata Pelajaran IPA melalui Praktikum dengan Metode Make a Match
Maulina Dwi Haryani, Widajati Widajati
1094-1100
PDF
Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Menggunakan Model TGT Kelas VIII di SMP Negeri 25 Semarang
Meilinda Nikmah Widiastuty, Widajati Widajati, Harjono Harjono
1101-1105
PDF
Upaya Peningkatkan Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik melalui Model Cooperative Learning Tipe Make a Match pada Materi Unsur, Senyawa dan Campuran Kelas VIII SMP Negeri 25 Semarang
Miracela Putri Jatmiko, Harjono Harjono, Nung Saraswati
1106-1111
PDF
Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Unsur, Senyawa dan Campuran di SMP Negeri 25 Semarang
Miya Zulfa Suryaningsih, Harjono Harjono, Nung Saraswati
1112-1118
PDF
Upaya Meningkatkan Komunikasi Ilmiah Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPA melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)
Muhammad Arif Rohman, Siti Suhartini
1118-1126
PDF
Pengaruh Model Belajar Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berkolaborasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII A di SMP Negeri 26 Semarang
Muninggar Nugrahani, Triwinarni Triwinarni
1127-1135
PDF
Penerapan Model Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Kelas VII D SMP Negeri 26 Semarang
Yoris UNNES; Muzayyinatin Nihriya, Fidia Fibriana, Triwinarni Triwinarni
1136-1144
PDF
Peningkatan Hasil Belajar dan Bergotong Royong Peserta Didik Kelas VIII H SMP Negeri 30 Semarang melalui Model Jigsaw
Neli Dwi Septi Anggraeni, Lasimaniati Lasimaniati, Arif Widiyatmoko
1145-1153
PDF
Peningkatan Motivasi dan Pemahaman Konsep IPA melalui Game Edukasi Berbasis Website di SMP Negeri 30 Semarang
Nika Lutfiana, Lasimaniati Lasimaniati, Arif Widiyatmoko
1154-1166
PDF
Upaya Peningkatan Keterampilan Kolaborasi dan Hasil Belajar melalui Model Problem Based Learning Materi Struktur Bumi dan Perkembangannya
Nila Agustia Fatimatul Hidayah, Emi Suprihatin, Arif Widiyatmoko
1167-1178
PDF
Penerapan Team Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Pembelajaran IPA Kelas VIII C SMP N 31 Semarang
Novita Aninda Vianka, Agus Sunarso, Novi Ratna Dewi
1179-1184
PDF
Implementasi Model Pembelajaran Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Kelas VIII SMP
Novita Hawsari Aswanti, Agus Sunarso, Novi Ratna Dewi
1185-1194
PDF
Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas VII Tahun 2023/2024
Novitasari Novitasari, Yuwono Catur Minarti, Ellianawati Ellianawati
1195-1202
PDF
Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Kelas VII
Nur Cahya Anggita Maharani, Endang Susilowati, Ellianawati Ellianawati
1203-1211
PDF
Implementasi Model STAD Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Kelas 7H SMP Negeri 32 Semarang dalam Pelajaran IPA
Nur Chikmiazizi, Endang Susilowati, Ellianawati Ellianawati
1212-1220
PDF
Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Siswa Kelas VIID SMP Negeri 32 Semarang
Nur Kholifatun Nisa, Endang Susilowati, Akhadani Afta Zahara, Ellianawati Ellianawati
1221-1228
PDF
Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Kelas VIIG SMPN 32 Semarang Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Wordwall
Nurkhamidah Nurkhamidah, Endang Susilowati, Ellianawati Ellianawati
1229-1236
PDF
Penerapan Model PBL Berbantuan Media Simulasi untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas IXH SMPN 34 Semarang Materi Partikel Penyusun Benda dan Makhluk Hidup
Nurul Adima Auliya’u Rofi’ah, Umi Kulsum, Nugrahaningsih WH
1237-1244
PDF
Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif IPA Siswa Kelas IX D SMPN 34 Semarang
Nurul Halimah Maulida, Umi Kulsum, Nugrahaningsih Nugrahaningsih
1245-1252
PDF
Penerapan Model PBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IX F SMPN 34 Semarang
Nurul Kholifatun Nisak, Umi Kulsum, Nugrahaningsih WH
1253-1260
PDF
Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Usaha Dan Energi Kelas VIII F SMP Negeri 34 Semarang
Nurul Wahyu Septyana, Indah Sukawati, Nugrahaningsih WH
1261-1272
PDF
Implementasi Pendekatan TaRL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Usaha dan Energi Kelas 8H SMPN 34 Semarang
Nuzulia Qur’aina, Indah Sukawati, Nugrahaningsih WH
1273-1283
PDF
Peningkatan Hasil Belajar Siswa Materi Usaha dan Energi Melalui Model PBL Kelas VIII D SMPN 34 Semarang
Octavina Indriyanti, Indah Sukawati, Nugrahaningsih WH
1284-1292
PDF
Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis SocioScientific Issue untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIID Materi Ekologi
Ponang Tri Prasetyo, Sudarmin Sudarmin, Eko Nur Haryanto
1293-1300
PDF
Penerapan Model Discovery Learning Berbasis Tarl Bermedia Papan Permainan Untuk Meningkatkan Keaktifan Kelas VIII F SMPN 35 Semarang
Pratista Nur Lituhayu, Sudarmin Sudarmin, Anjar Widianingrum
1301-1308
PDF
Penerapan Project-Based Learning Berbasis Socio-Scientific Issues untuk Meningkatkan Literasi Lingkungan Kelas VIIF SMP Negeri 35 Semarang
Putri Adilah, Sudarmin Sudarmin, Handyan Rozadi
1309-1314
PDF
Pemanfaatan Model Pembelajaran Inquiry Berbantu Window Shopping untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Pada Kelas VII Materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati
Putri Amalia Maharani, Sudarmin Sudarmin, Handyan Rozadi
1315-1322
PDF
Upaya Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa VIIB SMP N 36 Semarang Menggunakan Model PBL dengan Pendekatan CRT
Rafida Nur Azizia, Yustina Tri Astuti, Woro Sumarni
1323-1334
PDF
Implementasi Liveworksheet Berbasis TaRL untuk Meningkatkan Partisipasi Siswa Kelas VII C SMP 36 Semarang pada Materi Ekologi
Ratna Budiasih, Yustina Tri Astuti, Woro Sumarni
1335-1345
PDF
Upaya Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Kelas 7 SMP Negeri 36 Semarang Melalui Pembelajaran Bioedutainment pada Materi Ekologi
Ricky Janu Riyadi, Yustina Tri Astuti, Woro Sumarni
1346-1356
PDF
Upaya Peningkatan Keterampilan Pemecahan Masalah Melalui Model Problem Based Learning Berbasis Praktikum Sederhana
Rifa Harti Astuti, Imam Budi Haryanto, Woro Sumarni
1357-1366
PDF
Penerapan Metode Pembelajaran Gallery Walk untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMP N 36 Semarang pada Materi IPA
Rika Ayu Lestari, Imam Budi Haryanto, Woro Sumarni
1367-1374
PDF
Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa SMP N 36 Semarang Menggunakan PBL dengan Metode Demonstrasi
Rike Aristina, Imam Budi Haryanto, Woro Sumarni
1375-1383
PDF
Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Kelas IX A di SMP Negeri 38 Semarang
Rizaldi Damar Yuldantoro, Ali Imron, Sri Ngabekti
1384-1392
PDF
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran PBL Kelas IX F SMP Negeri 38 Semarang
Rizki Ghani Pangestu, Ali Imron, Sri Ngabekti
1393-1399
PDF
Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas IX-B Melalui Penerapan Model PjBL Materi Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan
Rizki Sri Lestari, Ali Imron, Sri Ngabekti
1400-1408
PDF
Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dengan Model Pembelajaran PjBL Di Kelas VII Pada Materi Sistem Tata Surya
Rizqi Lailul Fajriyyah, Sri Ngabekti, Partini Partini
1409-1416
PDF
Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Tata Surya dengan Alat Peraga Visual Siswa Kelas Vii D SMP Negeri 38 Semarang
Salafudin Salafudin, Partini Partini, Sri Ngabekti
1417-1424
PDF
Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Melalui Model PBL Berbantuan Kahoot Pada Siswa Kelas Viii B Smpn 39 Semarang
Salwa Nurafifah, Ristono Ristono, Stephani Diah Pamelasari
1425-1432
PDF
Penerapan Problem Based Learning Berbasis SETS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas VIII Mata Pelajaran IPA
Sarisawati Intishar, Stephani Diah Pamelasari, Ristono Ristono
1433-1442
PDF
Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas VIII SMP
Sarnila Sarnila, Stephani Diah Pamelasari, Ristono Ristono, Annisa’ Hidayati
1443-1448
PDF
Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Project Based Learning di Kelas VII-C SMPN 39 Semarang
Sheli Agustiani, Stephani Diah Pamelasari, Dyah Fajar Dewayani
1449-1457
PDF
Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Augmented Reality untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII
Sindi Febriyani, Stephani Diah Pamelasari, Dyah Fajar Dewayani
1458-1466
PDF
Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik apda Pembelajaran IPA Tingkat SMP
Siti Alfiana Zulfa, Murbangun Nuswowati, Sutomo Sutomo
1467-1473
PDF
Upaya Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Melalui Pendekatan Teaching At The Right Level dalam Pembelajaran IPA Kelas VII
Siti Arifah, Murbangun Nuswowati, Sutomo Sutomo
1474-1482
PDF
Model Pembelajaran Project Based Learning sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IX SMPN 40 Semarang
Siti Maulidiyyah Saharani, Yustin Nurbaety, Murbangun Nuswowati
1483-1490
PDF
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Kelas VII SMP Negeri 40 Semarang
Siti Muthoharoh, Murbangun Nuswowati, Toetik Ismiati
1491-1499
PDF
Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik Kelas VII SMPN 40 Semarang
Siti Nur Hidayah, Toetik Ismiati, Murbangun Nuswowati
1500-1507
PDF
Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas IX-E SMPN 41 Semarang Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model Discovery Learning
Siti Nurjannah, Sukimin Sukimin, Novi Ratna Dewi
1508-1516
PDF
Pengaruh Penerapan LKPD Berbasis Pendekatan TPACK pada Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik
Stefanni Viga Gracia Permatasari, Novi Ratna Dewi, Sukimin Sukimin
1517-1527
PDF
Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Critical Thinking Siswa Kelas 9D SMP Negeri 41 Kota Semarang pada Mata Pelajaran IPA
Suci Nuryaningsih, Novi Ratna Dewi, Sukimin Sukimin
1528-1534
PDF
Pendekatan TaRL Berbantuan Game Edukatif Wordwall untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IX C SMPN 41 Semarang
Sunarti Sunarti, Sukimin Sukimin, Novi Ratna Dewi
1535-1544
PDF
Penerapan TGT Melalui Media Quizizz di Kelas VII-B SMPN 42 Semarang untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik
Teguh Prayitno, Indarto Indarto, Endah Peniati
1545-1552
PDF
Peningkatan Keaktifan Peserta Didik Memanfaatkan Media Bergambar dengan Pendekatan TaRL Kelas VII-A SMPN 42 Semarang
Tesla Fadli Raharja, Endah Peniati, Indarto Indarto
1553-1561
PDF
Peningkatan Keaktifan Peserta Didik Melalui Media Wordwall dengan Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) Pada Pembelajaran IPA
Tiara Mufida Nafisah, Latif Masjkuri, Endah Peniati
1562-1570
PDF
Peningkatan Minat Belajar Melalui Pendekatan Tarl Materi Struktur Bumi dan Perkembangannya Di SMP N 42 Semarang
Tika Fauziatul Maula, Latif Masjkuri, Endah Peniati
1571-1581
PDF
Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Materi Pembiasan Cahaya Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 43 Semarang
Titania Triska Ananda, Sri Hastuti, Stephani Diah Pamelasari
1582-1588
PDF
Peningkatan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas VIII Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Materi Pembiasan Cahaya di SMPN 43 Semarang
Tri Desi Murniwati, Sri Hastuti, Stephani Diah Pamelasari
1589-1597
PDF
Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning
Tri Nugrahaningtyas, Stephani Diah Pamelasari, Rina Rahmayani
1598-1605
PDF
Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VII D SMP Negeri 43 Semarang pada Materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati di Indonesia Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning
Tri Widiyaningsih, Rina Rahmayani, Stephani Diah Pamelasari
1606-1617
PDF
Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Melalui Model Problem Based Learning Materi Bioteknologi Kelas IXC SMP N 44 Semarang
Tsalis Qoriatul Farizah, Novi Ratna Dewi, Supardjo Supardjo
1618-1624
PDF
Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas VIII G di SMP Negeri 3 Semarang
Tulus Pangestuti, Herdijanti Herdijanti, Endah Peniati
1625-1628
PDF
Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Kelas IX D SMPN 44 Semarang Melalui Model Discovery Learning berbantuan Games
Umi Sofiyyati, Supardjo Supardjo, Novi Ratna Dewi
1629-1637
PDF
Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Games untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA
Umrotul Muna, Supardjo Supardjo, Novi Ratna Dewi
1638-1645
PDF
Implementasi Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Kelas VII C SMPN 44 Semarang
Uswatun Khasanah, Supardjo Supardjo, Novi Ratna Dewi
1646-1655
PDF
Implementasi Problem-Based Learning Berbantuan Games untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Kelas VIII-A di SMP N 44 Semarang
Utami Hilma Nurul Safitri, Supardjo Supardjo, Novi Ratna Dewi
1656-1662
PDF
Pengaplikasian Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Di SMP N 3 Semarang
Wilda Nailish Shofa, Sri Rahayu, Endah Peniati
1663-1672
PDF
Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Metode Praktikum Di SMPN 3 Semarang
Yenny Putri Sugiyaningrum, Sri Rahayu, Endah Peniati
1673-1679
PDF
Peningkatan Keaktifan Peserta Didik Melalui Aktivitas Bercerita dan Pemanfaatan Media Kahoot pada Kelas VIII-J SMPN 3 Semarang
Yoan Fredyanto, Herdijanti Herdijanti, Endah Peniati
1680-1685
PDF
Peningkatan Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas VIII H SMPN 3 Semarang Melalui Pembelajaran Kooperatif NHT (Numbered Head Together)
Yustisia Nur Millenia, Herdijanti Herdijanti, Endah Peniati
1686-1694
PDF
Tinjauan Penggunaan Lab Online pada Mata Pelajaran IPA
Ni Luh Putu Mery Marlinda, Putu Hari Sudewa, Ni Luh Putu Agetania, Putu Prima Juniartina
1695-1701
PDF
Upaya Peningkatan Partisipasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA Menggunakan Model Kooperatif Teams Games Tournament pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 25 Semarang
Mufarotul Fadlilah, Nung Saraswati
1702-1708
PDF
Bahan Ajar Berbasis REACT untuk Mengembangkan Karakter Diri Siswa dalam Pembelajaran IPA SMP Kelas VIII
Trimiyanti Trimiyanti, Achmad Sopyan, Ian Yulianti, Novi Ratna Dewi, Sukimin Sukimin
1709-1714
PDF