Upaya Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa VIIB SMP N 36 Semarang Menggunakan Model PBL dengan Pendekatan CRT
Keywords:
Kolaborasi; PBL; Pendekatan CRT.Abstract
Keterampilan kolaborasi penting dimiliki oleh siswa karena mereka akan menghadapi situasi di mana harus bekerja sama dengan orang lain dalam kehidupan sehari-hari sehingga secerdas apapun siswa apabila belum memiliki keterampilan kolaborasi yang baik maka akan mengalami kesulitan dalam bekerja sama. Pada siswa kelas VIIB SMP N 36 Semarang memiliki keterampilan kolaborasi yang belum optimal sehingga penelitian tindakan kelas bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi menggunakan model pembelajaran PBL dengan pendekatan CRT. Data dikumpulkan menggunakan metode wawancara dan metode angket serta dianalisis secara deskriptif persentase. Indikator kolaborasi penelitian ini yaitu saling ketergantungan yang positif, interaksi tatap muka, tanggung jawab personal individu, keterampilan komunikasi, keterampilan bekerja dalam kelompok, menghormati teman, dan memiliki sikap peduli terhadap teman. Hasil penelitian ini yaitu pada siklus 1 terdapat 60% siswa yang sudah memenuhi indikator keberhasilan kemudian siklus 2 terdapat 100% siswa yang sudah memenuhi indikator keberhasilan.