Penerapan Asesmen Formatif Quizizz Terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Model Problem Based Learning Kelas VIII
Keywords:
Asesmen Formatif Quizizz; Keterampilan Berpikir Kritis; Model Pembelajaran Problem Based Learning.Abstract
Perkembangan teknologi memungkinkan peserta didik untuk menerima informasi dengan sangat cepat dan bersifat global. Keterampilan literasi dibutuhkan dalam mengikuti perkembangan informasi global. Pembelajaran abad-21 menuntut untuk memiliki kompetensi penting adalah keterampilan berpikir kritis. Peserta didik perlu dibekali keterampilan tersebut merujuk pada hasil pengamatan di kelas rendahnya kemampuan mengatur strategi dan teknik. Peserta didik mengetahui informasi yang diberikan namun belum mampu untuk menindaklanjuti informasi tersebut secara mandiri. Hasil observasi pada tahap prasiklus ini menginisiasikan model pembelajaran yang efektif adalah problem based learning. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui asesmen formatif quizizz. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama 2 siklus. Setiap siklus terdapat 2 pertemuan meliputi tahap perencanaan, tindakan, pengamatan tindakan dan analisis data hasil pengamatan tindakan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Data diambil dengan teknik tes dan observasi. Subjek penelitian adalah kelas VIIIA sejumlah 32 peserta didik di SMP Negeri 6 Semarang pada materi unsur, senyawa dan campuran. Hasil belajar pada siklus I memperoleh skor rata-rata 42 dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan skor rata-rata 82. Hasil observasi juga menunjukkan peserta didik pada siklus II lebih aktif dalam kegiatan kelompok dibanding pada siklus I. Berdasarkan dari lembar pengamat juga terjadi peningkatan keterampilan berpikir kritis di siklus I menunjukkan nilai 42,55% yang meningkat di siklus II dengan presentase 76,88%. hasil ini menunjukkan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan N-gain sebesar 0,6 (kategori sedang).