Peningkatan Kemampuan Kolaborasi Kelas 8A SMPN 42 Semarang dengan Model Pembelajaran PBL dengan Media LKPD

Authors

  • Afidah Rafiud Nafi Universitas Negeri Semarang
  • Latif Masjkuri SMPN 42 Semarang
  • Endah Peniati Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Ekologi; Keterampilan Kolaborasi; Problem Based Learning.

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning terhadap peningkatan keterampilan kolaborasi peserta didik pada materi ekologi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII A SMP Negeri 42 Semarang pada semester genap Tahun Ajaran 2023/2024 dengan jumlah peserta didik 33 orang terdiri dari 17 laki-laki dan 16 perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu metode dokumentasi, tes, dan observasi. Metode observasi digunakan untuk mengamati keterampilan kolaboratif peserta didik. Adapun teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis data secara kuantitatif dan kualitatif dengan indikator keberhasilan penelitian ini adalah adanya peningkatan rata-rata keterampilan kolaborasi peserta didik pada setiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pra siklus diperoleh hasil rata-rata keterampilan kolaborasi peserta didik sebesar 35, dengan kategori kurang kolaboratif kemudian pada siklus I sebesar 50 dengan kategori cukup kolaboratif dan pada siklus II sebesar 80 dengan kategori kolaboratif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik.

Downloads

Published

2024-05-07

Issue

Section

Articles