Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Materi Cahaya Melalui Pembelajaran Think Pair Share Pada Peserta Didik Kelas VIII G SMP Negeri 16 Semarang Tahun Ajaran 2023/2024
Keywords:
Cahaya; Keterampilan Kolaborasi; Think Pair Share.Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Think Pair Share terhadap peningkatan keterampilan kolaborasi peserta didik pada materi cahaya. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII G SMP Negeri 16 Semarang pada semester genap Tahun Ajaran 2023/2024 dengan jumlah peserta didik 33 orang terdiri dari 15 laki-laki dan 18 perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Metode observasi digunakan untuk mengamati keterampilan kolaboratif peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata-rata keterampilan kolaborasi peserta didik pada setiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pra siklus diperoleh hasil rata-rata keterampilan kolaborasi peserta didik sebesar 47,82% dengan kategori cukup kemudian pada siklus I sebesar 64,7% dengan kategori baik dan pda siklus II sebesar 79,8% dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik kelas VIII G pada mata pelajaran IPA materi cahaya di SMP Negeri 16 Semarang.