Peningkatan Kemampuan Komunikasi Siswa Melalui Model Pembelajaran PjBL-Window Shopping di Kelas IX D SMPN 5 Semarang

Authors

  • Asmini Mauliyawati Universitas Negeri Semarang
  • Joto Budojo SMPN 5 Semarang
  • Sudarmin Sudarmin Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Kemampuan Komunikasi; Project Based Learning; Window Shopping.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi siswa melalui penerapan model Project Based Learning-Window Shopping pada pembelajaran IPA di kelas IX D SMPN 5 Semarang tahun ajaran 2023/2024. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, terdiri dari pra siklus, siklus I, dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi kemampuan komunikasi. Analisis data hasil penelitian menggunakan deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) persentase ratarata pencapaian siswa dalam keseluruhan indikator kemampuan komunikasi setelah tindakan kelas mencapai 77% dengan kategori Baik, di mana pada pra siklus sebesar 49%, siklus I 62%, dan siklus II 77%. Berdasarkan data tersebut, antara pra siklus dengan siklus II terjadi peningkatan sebesar 28%, 2) persentase rata-rata pencapaian siswa per indikator kemampuan komunikasi setelah tindakan kelas melampaui target minimal 70% (kategori Baik), di mana pada indikator melakukan diskusi 82% (kategori Sangat Baik), mempresentasikan hasil diskusi 75% (kategori Baik), menyampaikan pendapat 73% (kategori Baik), indikator menjawab pertanyaan dan menuliskan hasil akhir diskusi masing-masing 78% (kategori Baik), 3) persentase jumlah siswa yang mencapai atau melampaui target minimum kemampuan komunikasi (kategori Baik) setelah tindakan kelas sebesar 78%, di mana kategori Sangat Kurang sebesar 3% (1 siswa), kategori Kurang 3% (1 siswa), kategori Cukup 16% (5 siswa), kategori Baik 37% (12 siswa), serta kategori Sangat Baik 41% (13 siswa). Berdasarkan hasil penelitan, disimpulkan bahwa penerapan model PjBL-Window Shopping pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan kemampuan komunikasi siswa kelas IX D SMPN 5 Semarang.

Downloads

Published

2024-05-07

Issue

Section

Articles