Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Kelas VIIG SMPN 32 Semarang Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Wordwall

Authors

  • Nurkhamidah Nurkhamidah Universitas Negeri Semarang
  • Endang Susilowati SMP Negeri 32 Semarang
  • Ellianawati Ellianawati Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Komunikasi; Problem based learning; Wordwall.

Abstract

Era saat ini merupakan era globalisasi atau dikenal dengan era abad-21. Abad-21 dikenal dengan masa pengetahuan. Proses pembelajaran abad-21 bertujuan untuk menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang memiliki keterampilan abad-21. Salah satu keterampilan tersebut adalah keterampilan komunikasi. Keterampilan komunikasi sangat penting bagi peserta didik karena melalui komunikasi peserta didik mampu menyelesaikan permasalahan yang akan dihadapi, menambah pengetahuan, dan mampu memahami informasi dengan akurat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media wordwall. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam fase pra siklus, siklus 1, dan siklus 2. Lembar observasi digunakan untuk mengumpulkan data keterampilan komunikasi peserta didik yang kemudian dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif. Lembar observasi keterampilan komunikasi meliputi komunikasi lisan, tulisan, dan interpersonal. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan komunikasi peserta didik pada tahap pra siklus memperoleh nilai 68,33 kategori cukup, kemudian meningkat pada siklus 1 dengan nilai 77,03 kategori baik, dan meningkat kembali pada siklus 2 dengan nilai 84,97 kategori baik. Hasil uji N-Gain siklus 1 keterampilan komunikasi lisan sebasar 0,13 kategori rendah, komunikasi tulisan sebesar 0,28 dengan kategori rendah, dan komunikasi interpersonal sebesar 0,39 kategori sedang. Sedangkan hasil uji N-Gain siklus 2 pada keterampilan komunikasi lisan memperoleh hasil sebesar 0,39 kategori sedang, komunikasi tulisan sebesar 0,33 dengan kategori sedang, dan komunikasi interpersonal dengan skor 0,31 dengan kategori sedang. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media wordwall mampu untuk meningkatkan keterampilan komunikasi peserta didik kelas VIIG SMPN 32 Semarang.

Downloads

Published

2024-05-11

Issue

Section

Articles