Peningkatan Hasil Belajar Siswa Materi Usaha dan Energi Melalui Model PBL Kelas VIII D SMPN 34 Semarang
Keywords:
Hasil Belajar; Problem Based Learning; Tindakan Kelas.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan motivasi belajar yang berdampak pada rendahnya hasil belajar kognitif siswa. Subjek dalam penelitian dilakukan terhadap kelas VIII D SMP Negeri 34 Semarang tahun ajaran 2023/2024 yang terdiri dari 34 siswa. Penelitian menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan untuk mengumpulkan data motivasi belajar IPA siswa adalah metode kuesioner. Teknik instrumen data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Berdasarkan identifikasi motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar 64,8%, pada siklus II sebesar 76,7%. Hal ini menunjukan terdapat peningkatan motivasi belajar IPA sebesar 11,9%. Berdasarkan tes hasil belajar siklus I, 23 siswa tuntas dengan persentase 70,6%, siklus II 29 siswa tuntas dengan persentase 85,3%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan motivasi serta hasil belajar kognitif siswa.