Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa SMP N 36 Semarang Menggunakan PBL dengan Metode Demonstrasi

Authors

  • Rike Aristina Universitas Negeri Semarang
  • Imam Budi Haryanto SMP Negeri 36 Semarang
  • Woro Sumarni Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Keaktifan; Hasil Belajar; PBL.

Abstract

Pendidikan di era modern menuntut siswa untuk tidak hanya pasif di kelas, tetapi juga aktif dalam pembelajaran. PBL mendorong siswa untuk aktif dalam pembelajaran. Siswa terlibat dalam kegiatan diskusi, pemecahan masalah dan presentasi sehingga mempu meningkatkan keaktifan belajar dan berdampak positif pada hasil belajarnya. Oleh karena itu, dalam penelitian ini diimplementasikan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan metode demonstrasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa menggunakan PBL dengan metode demonstrasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII G SMP N 36 Semarang dengan obyek penelitian yaitu proses pembelajaran IPA pada materi unsur dan senyawa menggunakan PBL dengan metode demonstrasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua kali siklus dengan masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan yaitu kegiatan perencanaan, tindakan, observasi dan kegiatan refleksi. Data keaktifan dan hasil belajar siswa diperoleh dari observasi dan tes evaluasi. Dimana hasil perolehan data dianalisis dengan teknik diskriptif kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa pembelajaran PBL dengan metode demonstrasi pada kedua siklus terdapat peningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Pada pra siklus presentase keaktifan belajar siswa sebesar 47,5 %, pada siklus 1 diperoleh besar presentase keaktifan belajar adalah 54,1% dan meningkat pada siklus 2 menjadi sebesar 67.9%. Sedangkan untuk hasil belajar diperoleh pada pra siklus hanya sebesar 35,7%, siklus 1 diperoleh rata-rata hasil belajar sebesar 48,1% dan meningkat pada siklus 2 menjadi 50%. Dengan demikian berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa melalui penerapan PBL dengan metode demonstrasi mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VIII G SMP N 36 Semarang.

Downloads

Published

2024-05-11

Issue

Section

Articles