Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery Learning untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII C SMPN 6 Semarang

Authors

  • Aulia Sallimna Arba Universitas Negeri Semarang
  • Hari Rusiani SMPN 6 Semarang
  • Endah Peniati Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Berpikir kritis; Guided Discovery Learning; Melatih.

Abstract

Keterampilan berpikir kritis merupakan keterampilan yang penting untuk dikuasai pada abad ke-21. Penelitian tindakan kelas ini didasari karena kurangnya kemampuan berpikir kritis pada siswa SMP. Oleh sebab itu diperlukan penerapan model pembelajaran yang dapat melatih keterampilan berpikir kritis siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan tersebut adalah model Guided Discovery Learning. Penelitian ini bertujuan untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA melalui model pembelajaran Guided Discovery Learning di kelas VIII C SMPN 6 Semarang tahun pelajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian tindakan kelas ini adalah model Guided Discovery Learning dapat dipakai untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa kelas VIII C SMPN 6 semarang tahun ajaran 2023/2024.

Downloads

Published

2024-05-07

Issue

Section

Articles