Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik dengan Model Problem Based Learning di Kelas VII A SMP Negeri 21 Semarang

Authors

  • Karunia Dwi Susanti PPG Prajabatan IPA, Universitas Negeri Semarang
  • Tri Sukartiningsih SMP Negeri 21 Semarang
  • Andin Irsadi Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Keterampilan abad 21; Keterampilan Kolaborasi; Problem Based Learning.

Abstract

Proses pembelajaran tidak hanya untuk meningkatkan pengetahuan kognitif, tetapi harus diorientasikan agar peserta didik memiliki keterampilan abad 21 salah satunya adalah keterampilan kolaborasi. Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan kolaborasi peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Subyek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII A SMP Negeri 21 Semarang semester genap tahun pelajaran 2023/2024 sebanyak 34 peserta didik. Sedangkan obyek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Tahapan siklus I dan siklus II meliputi planning, acting, observarting, dan reflecting. Pengambilan data menggunakan lembar observasi keterampilan kolaborasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif deskriptif dan kuantitatif persentase. Kemampuan keterampilan kolaborasi menunjukan peningkatan yang signifikan pada pra siklus, siklus I, dan siklus II. Peningkatan dari pra siklus ke siklus 1 mengalami peningkatan yang signifikan yang awalnya 48% kategori kurang, menjadi 77% dengan kategori baik, mengalami peningkatan sebesar 29%. Sedangkan pada siklus II memperoleh persentase rata-rata nilai sebesar 84,04% dengan kategori sangat baik, atau mengalami peningkatan sebesar 7% dari siklus I. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik di kelas VII A SMP Negeri 21 Semarang.

Downloads

Published

2024-05-11

Issue

Section

Articles