Peningkatan Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas VIII H SMPN 3 Semarang Melalui Pembelajaran Kooperatif NHT (Numbered Head Together)
Keywords:
Keaktifan Belajar; Pembelajaran Kooperatif NHT (Numbered Head Together).Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan keaktifan belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif NHT (Numbered Head Together). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini dilakukan dua siklus. Siklus I dan siklus II masing-masing terdiri dari 2 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII H SMP Negeri 3 Semarang yang berjumlah 32 peserta didik, yang terdiri atas 14 peserta didik laki-laki dan 18 peserta didik perempuan. Metode pengumpulan data penelitian ini meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif NHT (Numbered Head Together) dalam pembelajaran IPA telah berhasil meningkatkan keaktifan belajar peserta didik kelas VIII H SMP Negeri 3 Semarang. Peningkatan keaktifan belajar tersebut dicapai melalui dua siklus. Hasil tersebut ditunjukkan dari adanya peningkatan keaktifan belajar IPA peserta didik dari setiap siklus. Berdasarkan hasil observasi keaktifan belajar peserta didik dalam pelaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif NHT (Numbered Head Together) diperoleh rata-rata keaktifan peserta didik siklus I yaitu 61,60% yang kemudian meningkat pada siklus II menjadi 78,12%.