Penerapan Model PBL Berbantuan Media Simulasi untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas IXH SMPN 34 Semarang Materi Partikel Penyusun Benda dan Makhluk Hidup

Authors

  • Nurul Adima Auliya’u Rofi’ah Universitas Negeri Semarang
  • Umi Kulsum SMP Negeri 34 Semarang
  • Nugrahaningsih WH Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Hasil Belajar; Model PBL; Motivasi Belajar; Partikel Penyusun Benda dan Makhluk Hidup.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa. Motivasi belajar yang ditunjukkan dengan minimnya aktivitas siswa dengan pencapaian hasil ketuntasan belajar yang rendah yaitu sebesar 52,94% pada materi sebelumnya. Hasil belajar yang rendah disebakan karena kurangnya motivasi siswa terhadap pelajaran IPA karena model yang diterapkan kurang sesuai sehingga belum mampu menggali motivasi dan kemampuan belajar siswa secara maksimal. Model PBL (Problem Based Learning) merupakan model pembelajaran yang dimulai dengan masalah nyata terkait materi sehingga dapat melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran dan melatih siswa untuk memecahkan suatu permasalahan secara mandiri. Model PBL dapat diterapkan untuk mengatasi kedua permasalahan tersebut. Media simulasi dan metode yang bervariasi yaitu diskusi kelompok, presentasi, ceramah, praktikum, dan penugasan yang digunakan dalam model pembelajaran ini dapat membantu siswa dalam memecahkan permasalahan yang diberikan. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus yang setiap siklus berisi tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sebagai subyek dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas 9H SMPN 34 Semarang semester genap tahun pelajaran 2023/2024. Hasil dari penerapan model PBL dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dengan adanya peningkatan aktivitas belajar yang diperoleh dari hasil observasi yang meningkat mulai dari siklus 1 sampai siklus 2. Peningkatan juga terjadi pada hasil belajar siswa dimana pencapaian ketuntasan belajar pada siklus 1 sebesar 67,64 % dan pada siklus 2 sebesar 79,41%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan, model PBL pada pembelajaran IPA materi Partikel Penyusun Benda dan Makhluk Hidup dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas 9H SMPN 34 Semarang.

Downloads

Published

2024-05-11

Issue

Section

Articles