Peningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas VII F SMPN 23 Semarang Melalui Model Project Based Learning
Keywords:
Project Based Learning; Keterampilan Proses Sains; Tata Surya.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses sains peserta didik pada materi bumi dan tata surya melalui model pembelajaran Project Based Learning. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII F SMP Negeri 23 Semarang yang berjumlah 33 peserta didik. Sumber data yang didapatkan dari penelitian ini diperoleh dari guru dan peserta didik. Data diperoleh melalui teknik wawancara, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan proses sains peserta didik. Hal ini dibuktikan dari dari hasil observasi Pratindakan dan setelah tindakan. Keterampilan proses sains peserta didik mengalami peningkatan pada Siklus I yaitu sebesar 63,8 % dan meningkat lagi setelah tindakan Siklus II dengan persentase sebesar 85,2 %. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran Project Based Learning dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan proses sains pada peserta didik kelas VII F SMP Negeri 23 Semarang.