Peningkatan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas IXB SMPN 17 Semarang Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning

Authors

  • Galih Wasesa Universitas Negeri Semarang
  • Novita Kusuma Wardani SMP Negeri 17 Semarang
  • Stephani Diah Pamelasari Universitas Negeri Semarang

Keywords:

discovery learning; keterampilan proses sains.

Abstract

Keterampilan proses sains menjadi suatu kompetensi yang penting dimiliki oleh peserta didik guna membentuk suatu konsep sains. Berdasarkan hasil observasi menunjukkan bahwa peserta didik kelas IX B SMPN 17 Semarang masih rendah. Hal tersebut dikarenakan model pembelajaran yang diterapkan kurang mengakomodasi upaya meningkatkan keterampilan proses sains dari peserta didik. Kajian dalam penilitian ini adalah upaya peningkatan keterampilan proses sains melalui model pembelajaran discovery learning. Desain penelitian dalam bentuk tindakan kelas dengan mengambil materi bioteknologi dan dilaksanakan dalam dua siklus. Data penelitian diperoleh melalui teknik observasi melalui lembar observasi. Data penelitian diolah menggunakan analisis presentase pada masing-masing siklus. Pada siklus I didapatkan rata-rata ketrampilan proses sains 68,42% dengan nilai ketuntasan klasikal 56,25% dan pada siklus II didapatkan 77,15% dengan nilai ketuntasan klasikal 87,50%. Hasil penilitian yang didapatkan menunjukkan bahwa model pembelajaran yang diterapkan dapat meningkatkan keterampilan proses sains.

Downloads

Published

2024-05-09

Issue

Section

Articles