Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning
Keywords:
Hasil belajar; IPA; problem based learning.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi ekologi dan keanekaragaman hayati melalui model pembelajaran problem based learning pada siswa kelas VII E SMP Negeri 43 Semarang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Setiap siklus pada PTK terdapat 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket dan lembar observasi. Analisis data yang digunakan peneliti adalah membandingkan pencapaian nilai dengan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) dan ditandai dengan peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal pada setiap siklusnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar materi ekologi dan keanekaragaman hayati. Peningkatan hasil belajar siswa terlihat dari hasil Penelitian Tindakan Kelas pada siklus I yang mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) sebanyak 26 siswa dari 34 siswa atau76,5% dari 100% dengan rata-rata 81. Sementara pada siklus II terdapat sebanyak 29 siswa dari 34 siswa atau 85,3% yang tuntas dari Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) dengan nilai rata-rata siswa 83.