Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas VII Tahun 2023/2024
Keywords:
Discovery Learning; Hasil Belajar; Motivasi.Abstract
Peserta didik sering merasa bosan dan mengantuk saat kegiatan pembelajaran sehingga mempengaruhi hasil belajar peserta didik, hal ini melatarbelakangi penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran Discovery Learning di kelas VII tahun ajaran 2023/2024. Penerapan model pembelajaran ini menekankan pada proses penemuan pengetahuan oleh peserta didik secara mandiri serta mendorong untuk aktif mencari informasi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam dua siklus pada peserta didik kelas VII-A SMP Negeri 32 Semarang materi Interaksi Makhluk Hidup dan Lingkungannya. Metode yang digunakan dalam penelitan terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil kegiatan pembelajaran prasiklus, motivasi belajar memiliki nilai rata-rata 71,06 yang dikategorikan sedang serta untuk hasil belajar kognitif dengan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran 73 diperoleh rata-rata 44,69 yang menunjukkan sebagian belum mampu tuntas. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan didapatkan bahwa adanya peningkatan motivasi belajar siklus I dan siklus II memperoleh nilai n-gain 0,20 dan 0,28 dengan kategori peningkatan rendah. Lalu motivasi belajar peserta didik dikatakan berhasil karena telah menunjukkan 31 orang (96,875%) yang memiliki kategori sedang dan tinggi. Selain itu penerapan model discovery learning juga dapat meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik. Peningkatan hasil belajar kognitif siklus I dan siklus II memperoleh nilai n-gain 0,51 dan 0,36 dengan kategori peningkatan sedang. Hasil belajar peserta didik telah dianggap berhasil karena telah terdapat 29 orang (90,625%) telah mencapai rata-rata kelas telah mencapai nilai 81,6. Kegiatan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik.