Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Unsur, Senyawa dan Campuran di SMP Negeri 25 Semarang

Authors

  • Miya Zulfa Suryaningsih Universitas Negeri Semarang
  • Harjono Harjono Universitas Negeri Semarang
  • Nung Saraswati SMP Negeri 25 Semarang

Keywords:

discovery learning; unsur, senyawa, dan campuran; motivasi belajar; hasil belajar.

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah penerapan model discovery learning untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 25 Semarang pada materi pokok unsur, senyawa dan campuran. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus masing-masing 2 pertemuan di setiap siklusnya. Langkah-langkah sistematis dari model discovery learning yakni, tahapan stimulation, problem statement, data collection, data processing, verification, dan generalization. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas VIII C SMP Negeri 25 Semarang pada materi pokok unsur, senyawa, dan campuran. Presentase motivasi mengalami peningkatan pada tahapan siklus I yaitu dari 63% dengan kategori cukup menjadi 72% dengan kategori baik. Hasil belajar peserta didik yang mencapai nilai ketuntasan meningkat dari 48% di siklus I menjadi 76% pada siklus II.

Downloads

Published

2024-05-11

Issue

Section

Articles