Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Kelas 7 C SMP Negeri 18 Semarang

Authors

  • Hidayatul Isna Universitas Negeri Semarang
  • Nining Kusumaningsih SMP Negeri 18 Semarang
  • Wiyanto Wiyanto Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Hasil Belajar; IPA; Pembelajaran Berbasis Masalah.

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik kelas 7 C di SMP Negeri 18 Semarang dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning). Penelitian dilakukan berdasarkan pengamatan terhadap peserta didik yang kurang tertarik dengan pembelajaran, sehingga mempengaruhi hasil belajar IPA. Penelitian tindakan kelas dilakukan dalam 2 siklus, dengan subjek penelitian yaitu peserta didik kelas 7 C SMP Negeri 18 Semarang yang terdiri dari 33 peserta didik. Proses pengambilan data dilakukan dengan memberikan pretest pada tahap prasiklus dan posttest pada akhir pembelajaran. Data tersebut dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Pada siklus I didapatkan 79% dari 33 peserta didik yang telah tuntas dalam pembelajaran dengan rata-rata nilai 81,5. Pada siklus II didapatkan peningkatan hasil belajar, terdapat 88% dari 33 peserta didik yang telah tuntas dengan rata-rata nilai 83,7. Berdasarkan peningkatan hasil belajar pada siklus II, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah merupakan solusi tepat untuk meningkakan hasil belajar.

Downloads

Published

2024-05-09

Issue

Section

Articles