Penerapan Model PBL Berbantuan Edform untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas Vii B SMP Negeri 14 Semarang
Keywords:
Problem Based Learning; Edform; Komunikasi.Abstract
Penelitian ini merupakan suatu eksperimen di kelas yang bertujuan untuk memperbaiki kemampuan berkomunikasi siswa melalui pendekatan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan menggunakan bantuan edform. Penelitian ini dilakukan di kelas VII B SMP Negeri 14 Semarang pada semester kedua tahun pelajaran 2023/2024 dengan jumlah siswa sebanyak 34 orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan kuantitatif, dengan hasil yang menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam keterampilan komunikasi siswa. Dalam siklus pertama, rata-rata indikator mencapai 15,51%, meningkat menjadi 37,97% dalam siklus kedua. Dari hasil ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran Problem Based Learning dengan bantuan edform berhasil meningkatkan kemampuan berkomunikasi siswa.