Implementasi Problem-Based Learning Berbantuan Games untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Kelas VIII-A di SMP N 44 Semarang
Keywords:
Problem-Based Learning berbantuan games; motivasi belajar; pelajaran IPA.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui implementasi model Problem-Based Learning berbantuan games pada pembelajaran unsur, senyawa, dan campuran. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII A SMP N 44 Semarang berjumlah 28 peserta didik. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan empat tahapan penelitian, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Rancangan penelitian yang digunakan sebanyak 3 siklus dimana setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Instrumen yang digunakan untuk mengukur motivasi belajar adalah lembar observasi berisi 7 (tujuh) aspek yang mencakup motivasi belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan motivasi belajar siswa mengalami peningkatan pada setiap siklus. Rata-rata siklus I sebesar 54,25% meningkat menjadi 66,49% pada siklus II dan meningkat pada siklus III sebesar 79,42% dalam kategori tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa dalam penerapan model Problem-Based Learning berbantuan games dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik.