Implementasi Liveworksheet Berbasis TaRL untuk Meningkatkan Partisipasi Siswa Kelas VII C SMP 36 Semarang pada Materi Ekologi
Keywords:
Liveworksheet; partisipasi; TaRL.Abstract
Keberhasilan program merdeka belajar mencakup adanya partisipasi siswa yang merata dalam pembelajaran, adanya pembelajaran yang efektif, dan ketidakadaan ketertinggalan anak didik. Namun, berdasarkan hasil observasi awal kegiatan pembelajaran di kelas 7C SMPN 36 Semarang ditemukan bahwa siswa menunjukkan keragaman dalam kesiapan dan daya serap saat pembelajaran, menyebabkan beberapa siswa kurang berpartisipasi baik dalam kegiatan individu maupun kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran materi ekologi melalui implementasi Liveworksheet berbasis TaRL (Teaching at the Right Level) di kelas 7C SMPN 36 Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan 2 siklus yang setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dengan menggunakan instrumen lembar observasi partisipasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif deskriptif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila rata-rata partisipasi siswa berada pada kriteria tinggi dengan minimal tiap indikator partisipasi berada pada kriteria cukup. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan mengimplementasikan Liveworsheet berbasis TaRL dapat meningkatkan partisipasi siswa kelas 7C SMPN 36 Semarang, dimana pada prasiklus partisipasi peserta didik ada pada persentase 35,2% dengan kriteria rendah, pada siklus I persentase partisipasi peserta didik meningkat menjadi 56,3% dengan kriteria cukup dan pada siklus II meningkat menjadi 69,2% dengan kategori tinggi. Dengan demikian, implementasi liveworksheet berbasis TaRL dapat meningkatkan partisipasi peserta didik pada kelas VIIC di SMPN 36 Semarang.