Implementasi Problem Based Learning Berbantuan Video YouTube untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Kelas 7B SMPN 19 Semarang

Authors

  • Inayatul Maula Universitas Negeri Semarang
  • Rr. Sulistyorini SMP Negeri 19 Semarang
  • Hartono Hartono Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Problem based learning; keaktifan; video.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran model Problem Based Learning pada pembelajaran IPA di kelas 7B SMP Negeri 19 Semarang. Subjek penelitian ini adalah kelas 7B yang berjumlah 33 peserta didik. Adapun teknik pengumpalan data menggunakan non tes. Teknik non tes berupa teknik observasi, serta dokumentasi selama penelitian berlangsung. Analisis yang dilakukan menggunakan bentuk deskripsi. Berdasarkan hasil siklus I diperoleh data sebanyak 62,6% siswa dinyatakan aktif dalam pemberian tindakan media video dan pada siklus II berhasil mengalami peningkatan sebanyak 8,1% yakni menjadi 70,7%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan problem based learning berbantuan video Youtube dapat meningkatkan keaktifan peserta didik.

Downloads

Published

2024-05-09

Issue

Section

Articles