Implementasi Pendekatan TaRL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Usaha dan Energi Kelas 8H SMPN 34 Semarang
Keywords:
Hasil belajar; Ilmu Pengetahuan Alam; Pendekatan Teaching at the Right Level; usaha dan energi.Abstract
Pendidikan di Indonesia selalu berorientasi pada perkembangan kualitas siswa dari segala jenjang, salah satu upaya pemerintahan Indonesia dalam mengembangkan kualitas siswa yaitu dengan melakukan perbaikan dalam kurikulum secara intens, sehingga terbentuk kurikulum merdeka. Kurikulum merdeka dikembangkan dan diterapkan selain untuk mengembangkan kualitas pendidikan siswa, juga bertujuan untuk mengejar ketertinggalan pembelajaran yang disebabkan oleh Coronavirus disease (Covid-19). Kurikulum merdeka lebih menekankan pada pendekatan-pendekatan pembelajaran terbaru, salah satunya yaitu pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL), sehingga mampu memfasilitasi kebutuhan belajar tiap siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 8H pada materi usaha dan energi menggunakan pendekatan TaRL. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian yaitu 30 siswa kelas 8H SMP Negeri 34 Semarang Tahun pelajaran 2023/2024. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dokumentasi, dan angket. Analisis data yang digunakan yaitu analaisis deskriptif kuantitatif, yaitu uji perbedaan rata-rata dan analisis presentase ketuntasan. Hasil evaluasi siswa pada pra-siklus didapatkan nilai rata-rata sebesar 59,833 dimana 6 dari 30 siswa atau 20% dari keseluruhan kelas sudah tuntas dalam belajar, lalu pada siklus 1 didapat nilai rata-rata sebesar 67,262 dimana 10 dari 30 siswa atau 33% dari keseluruhan kelas sudah tuntas, dan pada siklus 2 didapat nilai rata-rata sebesar 79 dimana 18 dari 30 siswa atau 60% dari jumlah siswa telah tuntas dalam belajar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi pendekatan TaRL pada pembelajaran IPA materi usaha dan energi mampu meningkatkan hasil belajar siswa di kelas 8H SMP Negeri 34 Semarang.