Upaya Meningkatkan Minat Belajar IPA Peserta Didik Kelas VII E SMP Negeri 7 Semarang melalui Penerapan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT)

Authors

  • Diyah Ayu Pitaloka Universitas Negeri Semarang
  • Wainingrum Wainingrum SMP Negeri 7 Semarang
  • Ani Rusilowati Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Culturally Responsive Teaching (CRT); Minat Belajar; Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar peserta didik pada pelajaran IPA melalui penerapan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan selama 2 siklus. Model PTK yang digunakan adalah model Kemmis dan Taggart, dimana setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan dan observasi, serta refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII E SMP Negeri 7 Semarang Tahun Pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 32 orang. Data penelitian diperoleh dari angket skala minat belajar IPA, lembar observasi dan tes hasil belajar dengan bentuk soal pilihan ganda berjumlah 10 soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan analisis data penelitian, diperoleh data persentase minat belajar IPA pra-siklus sebesar 70,89%, Siklus I sebesar 76,20% dan pada Siklus II sebesar 81,17%. Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan minat belajar IPA peserta didik kelas VII E SMP Negeri 7 Semarang setelah diterapkan pendekatan CRT.

Downloads

Published

2024-05-08

Issue

Section

Articles