Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Augmented Reality untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII

Authors

  • Sindi Febriyani Universitas Negeri Semarang
  • Stephani Diah Pamelasari Universitas Negeri Semarang
  • Dyah Fajar Dewayani SMP Negeri 39 Semarang

Keywords:

Augmented reality; hasil belajar IPA; model problem based learning.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran problem based Learning berbantuan Augmented Reality pada materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati. Subjek penelitian ini melibatkan peserta didik kelas VII D SMP Negeri 39 Semarang yang berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 16 siswa perempuan dan 16 siswa laki-laki. Metode yang digunakan ialah penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus yang dalam setiap siklusnya meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Serta pengumpulan data berupa tes hasil belajar peserta didik. Data yang digunakan meliputi data hasil belajar materi ekologi dan keanekaragaman hayati Indonesia pada siklus 1 dan siklus 2. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan membandingkan nilai tes antar siklus. Pada siklus I dan II terjadi peningkatan dari persentase rata-rata kelas 68,8 menjadi 84,8. Sementara pada ketuntasan klasikal diperoleh persentase 65,6% di siklus I dan 84,4% di siklus II. Hasil ketuntasan klasikal telah mencapai lebih dari 80%, hal ini berarti siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan yang ditentukan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan media augmented reality dapat meningkatkan hasil belajar IPA di kelas VII.

Downloads

Published

2024-05-12

Issue

Section

Articles