Peningkatan Kreativitas Belajar melalui Metode Mind Mapping pada Pelajaran IPA di SMP Negeri 15 Semarang
Keywords:
Kreativitas; Mind mapping; Penelitian Tindakan Kelas.Abstract
Penggunaan metode mindmapping merupakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kreativitas peserta didik dalam belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 15 Semarang, subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII C tahun ajaran 2023/2024. Kreativitas dalam pembelajaran dapat diamati berdasarkan indikator kelancaran (fluency), pemikiran fleksibel (flexibility), orisinalitas (originality), dan penjabaran (elaboration). Hasil penelitian mulai dari pra siklus, siklus I, hingga siklus II memiliki perkembangan yang cukup signifikan dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh dalam satu kelas. Penerapan metode mind mapping dalam pembelajaran IPA terbukti dapat meningkatkan kreativitas peserta didik. Peningkatan kreativitas ini juga dipengaruhi oleh pemberian perlakuan tambahan berupa video pembelajaran dan keterampilan dalam praktik membuat mind mapping dengan baik. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kelas VII C SMP Negeri 15 Semarang mengalami peningkatan kreativitas dengan penerapan metode mind mapping dalam pembelajaran khususnya mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Metode ini dapat diterapkan pada materi lain dengan menyesuaikan tingkat kemampuan alami peserta didik, hal ini dikarenakan penulisan ide pada mind mapping berkaitan dengan pemahaman masingmasing peserta didik terhadap materi.