Peningkatan Kemandirian Belajar Peserta Didik melalui Media Live Worksheet Kelas VIII G DI SMP Negeri 19 Semarang
Keywords:
Kemandirian; Belajar; Live Worksheet.Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan kemandirian belajar peserta didik melalui media Live Worksheet. Subjek yang digunakan pada peneilitian ini peserta didik kelas VIII G di SMP Negeri 19 Semarang tahun ajaran 2023/2024 berjumlah 32 orang. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang pelaksanaannya terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (observing) dan refleksi (reflecting). Data yang diperoleh dari nilai prasiklus, siklus I, siklus II dan lembar observasi kemandirian belajar peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media Live Worksheet, dapat meningkatkan kemandirian belajar peserta didik dari prasiklus ke siklus I dengan rata-rata indikator 21,87% dengan kategori baik dan siklus I ke siklus II mengalami kenaikan 5,21% dengan kategori baik. Kemandirian belajar menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar. Peserta didik yang memiliki kemandirian belajar yang tinggi akan berusahaa menyelesaikan tugas dengan kemampuannya sendiri. Bentuk kemandirian belajar peserta didik kelas VIII G SMP Negeri 19 Semarang diantaranya independen, percaya diri dan disiplin.