Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik Kelas VII F SMPN 23 Semarang
Keywords:
Kreativitas; Peserta didik; Project Based Learning.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas peserta didik pada materi bumi dan tata surya melalui penerapan model Project Based Learning. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII F SMP Negeri 23 Semarang tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 33 peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas selama dua siklus. Setiap siklus dilakukan sesuai tahapan pelaksanan PTK yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara dan angket pada tahapan pra siklus, lembar observasi dan angket pada tahapan siklus I dan siklus II. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dipersentasekan. Permasalahan yang didapatkan dari hasil wawancara dengan guru pamong IPA terungkap bahwa saat peserta didik mengerjakan tugas IPA seperti membuat mind mapping yang membutuhkan kreativitas, peserta didik tergolong kurang kreatif dan karya yang dihasilkan tidak orisinal. Permasalahan yang terjadi membuat peneliti menerapkan model Project Based Learning untuk meningkatkan kreativitas peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian melalui lembar observasi dan angket kreativitas peserta didik, terdapat peningkatan kreativitas peserta didik secara bertahap. Para pra siklus, angket menunjukkan kreativitas peserta didik pada tingkat cukup sebesar 51%, siklus I meningkat menjadi baik sebesar 66%, pada siklus II mengalami peningkatan signifikan menjadi 85% dengan kategori sangat baik. Demikian pula, hasil observasi pada siklus I menunjukkan kreativitas peserta didik mencapai 63% dengan kategori baik, siklus II meningkat menjadi 84% dengan kategori sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan kreativitas peserta didik kelas VII F SMP Negeri 23 Semarang.