Analisis Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Peningkatan Keaktifan dan Motivasi Belajar Peserta Didik

Authors

  • Indriyati Indriyati Universitas Negeri Semarang
  • Hernis Setiana SMP Negeri 20 Semarang
  • Nuni Widiarti Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Keaktifan Belajar; Motivasi Belajar; Penelitian Tindakan Kelas; Project Based Laerning.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi Struktur dan Lapisan Bumi di kelas VIII E SMP Negeri 20 Semarang dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk mengatasi permasalahan yang ada dikelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII E semester genap tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 34 peserta didik. Penelitian dilakukan dalam tiga siklus dan setiap akhir siklus dilakukan refleksi terhadap tindakan yang diberikan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan lembar observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi Struktur dan Lapisan Bumi dapat meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari keaktifan peserta didik dari siklus I sebesar 68,27% meningkat pada siklus II sebesar 75,55% dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 81,87%. Motivasi belajar peserta didik pada siklus I sebesar 68,95% meningkat pada siklus II sebesar 76,97% dan meningkat juga pada siklus III menjadi 81,41%. Terbukti bahwa model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.

Downloads

Published

2024-05-09

Issue

Section

Articles