Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Kelas IX A di SMP Negeri 38 Semarang

Authors

  • Rizaldi Damar Yuldantoro Universitas Negeri Semarang
  • Ali Imron SMP Negeri 38 Semarang
  • Sri Ngabekti Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Hasil Belajar; Motivasi Belajar; Problem Based Learning.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas IXA SMP Negeri 38 Semarang tahun ajaran 2023/2024 melalui model pembelajaran Problem Based Learning. Subjek penelitian adalah 32 peserta didik yang terdiri dari 16 laki-laki dan 16 perempuan dari kelas IX-A SMP Negeri 38 Semarang tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus pada materi tanah dan keberlangsungan kehidupan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan baik dalam motivasi dan hasil belajar. Melalui observasi peningkatan rata-rata skor motivasi yaitu 65 pada siklus I berada pada kategori sedang dan meningkat pada siklus II dengan skor rata-rata motivasi yaitu 80,93 dengan kategori tinggi. Untuk hasil belajar peserta didik pada siklus I memiliki ketuntasan hasil belajar sebanyak 71,8% dan meningkat pada siklus II dengan ketuntasan hasil belajar sebanyak 90,6%.

Downloads

Published

2024-05-12

Issue

Section

Articles