Peningkatan Kolaborasi Peserta Didik Kelas VIII-E SMPN 13 Semarang pada Pelajaran IPA Melalui Model Problem Based Learning

Authors

  • Elva Nurul Khusna PPG Prajabatan IPA, Universitas Negeri Semarang
  • Soimatussa’diyah Soimatussa’diyah SMP Negeri 13 Semarang
  • Novi Ratna Dewi Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Kolaborasi; Pelajaran IPA; Problem Based Learning.

Abstract

Penelitian ini adalah peneilitian tindakan kelas yang memiliki tujuan untuk mengetahui peningkatan kolaborasi peserta didik kelas VIII E SMP N 13 Semarang melalui model Problem Based Learning. Penelitian 2 siklus ini memiliki langkah penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini berasal dari kelas VIII E SMP Negeri 13 Semarang dengan jumlah 31 orang terdiri dari 13 laki-laki dan 18 perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi kemudian data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada pra siklus peserta didik memiliki rata-rata kolaborasi 63,62% dengan kriteria cukup. Pada siklus I kolaborasi peserta didik memiliki rata-rata 71,74% dengan kriteria baik. Kemudian pada siklus II peserta didik memiliki rata-rata kolaborasi 87,7% dengan kriteria sangat baik. Itu membuktikan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik kelas VIII E SMP Negeri 13 Semarang pada pelajaran IPA.

Downloads

Published

2024-05-08

Issue

Section

Articles