Upaya Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Kelas 7 SMP Negeri 36 Semarang Melalui Pembelajaran Bioedutainment pada Materi Ekologi

Authors

  • Ricky Janu Riyadi Universitas Negeri Semarang
  • Yustina Tri Astuti SMP Negeri 36 Semarang
  • Woro Sumarni Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Bioedutainment; Ekologi; Keaktifan Belajar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas 7A SMP N 36 Semarang melalui pembelajaran bioedutainment pada materi ekologi. Subjek penelitian adalah 33 siswa dari kelas 7A SMP N 36 Semarang. Penilitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan siklus I pada sub materi komponen lingkungan dan pengaruhnya, pada siklus II pada sub materi interaksi makhluk hidup. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif deskripsi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila nilai persentase rata-rata dari seluruh siswa masuk dalam kriteria minimal sedang dan tidak ditemukan siswa dalam capaian keaktifan belajar rendah-sangat rendah. Hasil penelitian menunjukan keaktifan belajar siswa pada siklus I sebesar 59,53% masuk dalam kategori sedang, pada siklus II sebesar 75,69% masuk dalam kategori tinggi. Indikator keaktifan siswa pada siklus I ke siklus II mengalami kenaikan, pada kegiatan visual mengalami kenaikan sebesar 19,53%, pada kegiatan lisan mengalami kenaikan sebesar 12,38%, pada kegiatan mendengarkan mengalami kenaikan sebesar 13,13%, dan pada kegiatan menulis mengalami kenaikan sebesar 20,45%. Penelitian ini memperlihatkan bahwa penerapan pembelajaran bioedutaintment memberikan pengaruh positif untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa.

Downloads

Published

2024-05-11

Issue

Section

Articles