Peningkatan Minat Belajar IPA Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Berpendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) pada Siswa Kelas VII H SMPN 22 Semarang
Keywords:
Minat Belajar IPA; Problem Based Learning (PBL); Teaching At The Right Level (TaRL).Abstract
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan minat siswa terhadap pembelajaran IPA kelas VII H semester genap tahun pelajaran 2023/2024 SMP Negeri 22 Semarang. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berpendekatan Teaching at The Right Level (TaRL). Model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang digunakan adalah model Kemmis dan Taggart dengan dua siklus pembelajaran. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data penetitian dalam PTK ini berupa minat siswa terhadap kegiatan pembelajaran IPA yang dikumpulkan dengan menggunakan instrumen angket minat belajar. Teknik analisis data yang digunakan dalam PTK ini adalah teknik deskriptif komparatif antar siklus. Hasil Penelitiaan Tindakan Kelas (PTK) menunjukkan rata-rata persentase minat belajar siklus I sebesar 71,94%. Selanjutnya, rata-rata persentase minat belajar siswa siklus II sebesar 74,25%. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat peningkatan minat belajar siswa kelas VII H SMP Negeri 22 Semarang semester genap tahun ajaran 2023/2024.