Model Pembelajaran Project Based Learning sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IX SMPN 40 Semarang
Keywords:
Bioteknologi; Hasil Belajar IPA; Project Based Learning.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan dalam 1 pra siklus dan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari langkah perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Proses pembelajaran dilakukan pada siswa kelas IX-F SMPN 40 Semarang yang terdiri dari 32 siswa (14 laki-laki dan 18 perempuan) pada materi bioteknologi. Pengumpulan data dilakukan dengan metode Pre test dan Post Test. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa peningkatan hasil belajar IPA kelas IX-F SMPN 40 Semarang pada materi bioteknologi setelah melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning dikatakan berhasil. Hal ini dapat dibuktikan pada tahap pra siklus, siklus I maupun siklus II, yakni dari nilai rata-rata kelas 54,7 pada pra siklus menjadi 73,6 pada siklus I dengan persentase ketuntasan hasil belajar dari 12,5% menjadi 59,4%, dan meningkat pada siklus II rata-rata kelas menjadi 84,5 dengan persentase ketuntasan hasil belajar 81,25%.