Peningkatan Keterampilan Komunikasi Melalui Model Pembelajaran Window Shopping pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII SMP N 14 Semarang
Keywords:
Komunikasi Lisan; Komunikasi Tulisan; Window Shopping.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi siswa melalui penerapan model pembelajaran window shopping pada mata pelajaran IPA di kelas VIII SMP Negeri 14 Semarang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam 2 siklus penelitian. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 14 Semarang yang berjumlah 34 siswa. Hal yang menjadi objek penelitian berupa keterampilan komunikasi yang terdiri dari komunikasi lisan dan tulisan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa adanya peningkatan keterampilan komunikasi lisan dan tulisan siswa kelas VIII B yang diamati dari prasiklus, siklus I dan siklus II. Keterampilan komunikasi lisan pada prasiklus 59% kategori cukup, meningkat di siklus I sebesar 65% kategori baik, dan di siklus II meningkat menjadi 85% kategori sangat baik. Keterampilan komunikasi tulisan pada prasiklus 65% kategori cukup, meningkat di siklus I sebesar 73% kategori baik, di siklus II meningkat menjadi 91% kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan komunikasi siswa secara lisan dan tulisan melalui penerapan model pembelajaran window shopping pada mata pelajaran IPA di kelas VIII B.