Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Augmented Reality dalam Meningkatkan Minat Belajar IPA Siswa Kelas VII SMPN 7 Semarang

Authors

  • Dian Ayu Fitriani Universitas Negeri Semarang
  • Wainingrum Wainingrum SMP Negeri 7 Semarang
  • Ani Rusilowati Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Augmented Reality; Discovery Learning; IPA; Minat Belajar.

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat belajar IPA siswa melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media Augmented Reality. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMPN 7 Semarang yang berjumlah 32 siswa. Model penelitian tindakan kelas yang digunakan adalah model Kemmis dan Taggart dalam 2 siklus pembelajaran. Setiap siklus terdiri atas perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (observing), serta refleksi (reflecting). Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari angket minat belajar IPA dan lembar observasi selama proses pembelajaran. Hasil penelitian tindakan kelas ini diperoleh rata-rata indeks minat belajar pada pra siklus adalah 58,19 % (Kurang berminat). Kemudian rata-rata indeks minat belajar pada siklus I adalah 70,53 % (Berminat) dan siklus 2 adalah 82,36 % (Sangat berminat). Secara keseluruhan siswa sangat berminat penerapan model Discovery Learning berbantuan media Augmented Reality meningkatkan minat belajar IPA.

Downloads

Published

2024-05-07

Issue

Section

Articles