Peningkatan Kemampuan Komunikasi Peserta Didik SMP Negeri 17 Semarang melalui Model Pembelajaran Discovery Learning
Keywords:
Discovery Learning; Kemampuan Komunikasi; Kemampuan kognitif.Abstract
Komunikasi menjadi salah satu kemampuan yang harus dimiliki peserta didik pada abad 21. Peserta didik kelas IX B SMP Negeri 17 Semarang memiliki kemampuan komunikasi ilmiah yang masih kurang, sehingga menyebabkan kurangnya penguasaan terhadap konsep pembelajaran. Oleh karena itu diperlukan adanya pembelajaran yang mampu menggali kemampuan komunikasi ilmiah melalui model pembelajaran discovery learning yang menitikberatkan pada kontribusi peserta didik dalam proses pembelajarannya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi peserta didik kelas IX B SMP Negeri 17 Semarang tahun pelajaran 2023/2024 pada materi Partikel Penyusun Benda dan Makhluk Hidup. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Sumber data diperoleh dengan lembar observasi kemampuan komunikasi terhadap LKPD dan presentasi. Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan pada peserta didik berdasarkan hasil tiap siklus. Pada siklus I, peningkatan kemampuan komunikasi yaitu sebesar 79,9% dari 66,4% untuk komunikasi tertulis serta sebesar 88,4% dari 70,3% untuk komunikasi lisan. Model pembelajaran Discovery Learning terbukti dapat meningkatkan kemampuan komunikasi peserta didik.