Upaya Peningkatan Literasi Membaca Dan Hasil Belajar IPA Melalui Model Discovery Learning Berbantuan PhET
Keywords:
hasil belajar, literasi membaca, model discovery learning, PhET.Abstract
Penelitian bertujuan untuk meningkatkan literasi membaca dan hasil belajar IPA dari siswa melalui penerapan model pembelajaran discovery learning di kelas IX D SMP N 18 Semarang tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang mengacu pada kodel Kemmis dan Taggart yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Tahapan setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Subjek penelitian adalah 32 siswa kelas IX D SMP N 18 Semarang pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, tes dan observasi. Metode analisis data menggunakan analisis kualitatif deskriptif dan kuantitatif persentase. Hasil analisis data menunjukkan peningkatan literasi membaca ditunjukkan dengan meningkatkan capaian rata-rata persentase aspek literasi membaca siswa dari 61,24% pada pra siklus menjadi 66,72% pada siklus I, selanjutnya menjadi 73,50% pada siklus II. Karena literasi membaca peserta didik rendah juga mempengaruhi hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa menunjukkan 62,50% siswa tidak tuntas KKM, dan hanya 37,50% siswa yang tuntas KKM. Setelah dilakukan tindakan, pada siklus I didapatkan data hasil belajar siswa yang menunjukkan 53% tidak tuntas KKM, dan 47% tuntas KKM. Pada siklus II didapatkan data hasil belajar siswa yang menunjukkan 0% tidak tuntas KKM, dan 100% tuntas KKM. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan literasi membaca dan hasil belajar IPA siswa kelas IX D SMP Negeri 18 Semarang tahun ajaran 2023/2024 melalui metode penerapan model pembelajaran discovery learning berbantuan PhET.