Peningkatan Kemampuan Berkomunikasi Lisan dengan Model Discovery Learning Berpendekatan Teaching at The Right Level di Kelas VIII H SMP Negeri 24 Semarng
Keywords:
Discovery Learning; Kemampuan Berkomunikasi; Teaching at The Right Level.Abstract
Kemampuan berkomunikasi lisan merupakan salah satu kemampuan yang harus dikuasai oleh peserta didik dalam pembelajaran IPA. Akan tetapi, pada kenyataannya kemampuan berkomunikasi lisan yang dimiliki peserta didik masih cukup rendah, terlihat dari ketidaklancaran peserta didik ketika sedang melakukan presentasi yang cenderung membaca catatan dan belum maksimalnya tanya jawab dengan peserta didik lainnya. Sehingga diperlukan strategi pembelajaran yang mampu mengatasi masalah tersebut dengan model pembelajaran Discovery Learning berpendekatan Teaching at The Right Level. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berkomunikasi lisan peserta didik di kelas VIII H SMP Negeri 24 Semarang pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar observasi pada setiap siklusnya. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskripif kuantitatif untuk mengetahui hasil observasi kemampuan berkomunikasi lisan peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan berkomunikasi lisan siklus 1 sebesar 73,8% kategori cukup baik, kemudian meningkat menjadi 79,2% kategori baik pada siklus 2. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning berpendekatan Teaching at The Right Level dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi lisan peserta didik.