Penerapan Metode Pembelajaran Gallery Walk untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMP N 36 Semarang pada Materi IPA
Keywords:
Gallery Walk, Motivasi Belajar, Metode Pembelajaran.Abstract
Pembelajaran di zaman sekarang siswa di tuntut untuk memiliki kompetensi abad 21. Salah satu faktor tercapainya kompetensi abad 21 yaitu guru mampu memilih model serta metode pembelajaran yang tepat. Hal ini tentu berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil pengamatan yang diperoleh dari siswa VIII E didapatkan motivasi belajar IPA belum optimal. Upaya perbaikan yang perlu dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menerapkan metode pembelajaran Gallery Walk (kunjung karya) dapat meningkatkan motivasi belajar pada materi unsur dan senyawa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII E SMP N 36 Semarang berjumlah 31 orang. Instrumen penelitian utama yang digunakan adalah lembar angket motivasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran dengan metode pembelajaran Gallery Walk (kunjung karya) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dengan hasil data yang diperoleh pada kegiatan dari siklus 1 ke siklus 2. Hasil data pada siklus 1 bahwa indikator motivasi belajar siswa hanya mencapai rata – rata 50% kemudian dilanjutkana pada siklus II didapatkan hasil yaitu mengalami kenaikan indikator motivasi belajar siswa mencapai rata - rata 85%. Dengan demikian hasil pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan yaitu indikator motivasi belajar siswa mencapai rata – rata ≥ 70%.