Peningkatan Keterampilan Kolaborasi melalui Metode Pembelajaran Berbasis Games pada Peserta Didik Kelas VIII D SMP Negeri 21 Semarang
Keywords:
Games; Keterampilan Kolaborasi; Metode Pembelajaran.Abstract
Keterampilan kolaborasi merupakan salah satu kompetensi yang dibutuhkan pada pembelajaran pada Abad ke-21. Keterampilan ini harus dimiliki oleh semua orang khususnya peserta didik untuk dapat bekerja sama dan bertoleransi secara efektif dengan anggota kelompok lainnya dalam diskusi, serta melatih kecakapan peserta didik dalam pengambilan keputusan untuk mencapai kesepakatan bersama. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan kolaborasi melalui metode pembelajaran berbasis games pada peserta didik kelas VIII D di SMP Negeri 21 Semarang. Jumlah subjek pada penelitian ini adalah 34 siswa kelas VIII D SMP Negeri 21 Semarang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan data kualitatif. Penerapan metode pembelajaran berbasis games dilakukan dalam siklus I dan siklus II yang terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil keterampilan kolaborasi pada penelitian pra siklus menunjukan nilai rata rata kelas VIII D sebesar 52,94%, setelah itu dilakukan tindakan siklus I untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dengan nilai rata rata sebesar 65,99% dan dilakukan lagi tindakan siklus II untuk lebih meningkatkan keterampilan kolaborasi dengan nilai rata rata sebesar 81,61%. Hasil ini menunjukan bahwa adanya peningkatan keterampilan kolaborasi pada kelas VIII D SMP Negeri 21 Semarang dengan menggunakan metode pembelajaran berbasis games.