Upaya Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada Pembelajaran IPA

Authors

  • Alif Supriyanto Universitas Negeri Semarang
  • Dyah Purwaningrum SMPN 2 Semarang
  • Parmin Parmin Universitas Negeri Semarang

Keywords:

motivasi, hasil belajar, Project Based Learning.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar dalam pembelajaran IPA materi zat aditif dan zat adiktif di kelas VIII D SMPN 2 Semarang tahun ajaran 2023/2024 dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus menggunakan model spiral yang dikembangkan oleh C. Kemmis dan MC. Taggart. Subjek penelitian adalah 32 peserta didik dari kelas VIII D. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah deskriptif dan komparatif dengan membandingkan hasil dari pra-siklus sampai siklus II. Pada kondisi pra-siklus persentase motivasi belajar peserta didik terdapat 62,5% kategori rendah dan 37,5% kategori cukup. Setelah dilakukan Tindakan pada siklus I terdapat peningkatan 6,25% kategori sangat tinggi, 25% kategori tinggi, 37,5% kategori cukup dan 31,25% kategori rendah. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 53,1% sangat inggi, 31,3% dalam kategori tinggi, dan 15,6% kategori cukup. Meningkatnya motivasi belajar peserta didik berdampak positif terhadap hasil belajar peserta didik, dimana ketuntasan hasil belajar pada kondisi pra-siklus terdapat 19% yang tuntas. Kemudian setelah mendapatkan perlakukan pada siklus I terjadi kenaikan 62.5% yang tuntas. Pada siklus II terdapat peningkatan dengan persentase sebayak 87,5% yang tuntas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan metode Project Based Learning (PjBL) efektif dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA materi zat aditif dan zat adiktif.

Downloads

Published

2024-05-07

Issue

Section

Articles