Peningkatan Kemampuan Kolaborasi melalui Model Project Based Learning pada Peserta Didik Kelas VIII E SMP Negeri 20 Semarang

Authors

  • Indah Lestariningsih Universitas Negeri Semarang
  • Hernis Setiana SMP Negeri 20 Semarang
  • Nuni Widiarti Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Kemampuan Kolaborasi, Project Based Learning, PTK.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kolaborasi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 20 Semarang melalui model Project Based Learning (PjBL). Pengambilan data dilakukan di SMP Negeri 20 Semarang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan kelas (PTK) yang pelaksanaannya dilakukan dengan 4 tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan subjek kelas VIII E SMP Negeri 20 Semarang berjumlah 34 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini yaitu lembar observasi kemampuan kolaborasi peserta didik pada setiap siklus. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis kuantitatif untuk mengetahui hasil peningkatan kemampuan kolaborasi peserta didik. Hasil yang didapatkan setelah dilakukan penelitian dengan menerapkan model Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan kemampuan kolaborasi peserta didik yang ditunjukkan dengan terjadinya peningkatan pada setiap indikator kemampuan kolaborasi selama 2 siklus yaitu sebesar 30,39%, 25,49%, 27,45% dan 26,47%. Simpulan dari penelitian ini yaitu penerapan model Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan kemampuan kolaborasi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 20 Semarang.

Downloads

Published

2024-05-09

Issue

Section

Articles