Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Partikel Kelas 9f SMP Negeri 7 Semarang
Keywords:
Hasil Belajar; Partikel; Discovery Learning.Abstract
Penelitian ini didasarkan pada hasil observasi proses pembelajaran di kelas 9F SMP Negeri 7 Semarang yang diperoleh presentase ketuntasan Hasil Belajar IPA pada kategori rendah. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan dari PTK ini adalah untuk mengetahui peningkatan persentase ketuntasan peserta didik pada tiap siklus dan peningkatan hasil belajar siswa dalam penggunaan model pembelajaran discovery learning di kelas 9F SMP Negeri 7 Semarang. Pelaksanaan PTK dilaksanakan melalui empat tahap pada setiap siklusnya, 1) tahap perencanaan (planning), 2) tahap tindakan (action), 3) tahap pengamatan (Observation), dan 4) tahap Refleksi (Reflection). Penelitian ini dilaksanakan pada materi Partikel Penyusun Benda dan makhluk hidup kelas 9F SMP Negeri 7 Semarang dengan jumlah peserta didik sebanyak 30. Penelitian melibatkan 2 observer dan dilaksanakan sebanyak 2 siklus yaitu Siklus I dan Siklus II. Teknik pengumpulan data di lakukan dengan tes tertulis dan non tes. Metode tes tertulis digunakan untuk mengukur tingkat pemahaman dan penguasan siswa terhadap cakupan materi dan tujuan pembelajaran. Data non tes digunakan untuk mengukur sikap dari peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik dan nilai rata-rata kelas, diperoleh nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 74,1 dan pada siklus II diperoleh 85,5. Persentase ketuntasan pada Siklus I diperoleh 46 % dan Siklus II diperoleh 100 %. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning (DL) dapat meningkatkan persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik.