Implementasi Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VII SMPN 24 Semarang

Authors

  • Lutfiana Maula PPG Prajabatan IPA, Universitas Negeri Semarang
  • Prapti Ngesti Rahayu SMP Negeri 24 Semarang
  • Ani Rusilowati Pendidikan IPA Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Berpikir Kritis; Pembelajaran IPA; Problem Based Learning.

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilakukan karena didasari kurangnya keterampilan berpikir kritis pada peserta didik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran IPA melalui penerapan model Problem Based Learning di kelas VII E SMP Negeri 24 Semarang. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Desain penelitian terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes pilihan ganda, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis data deskriptif dan kualitatif. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas VII E di SMP Negeri 2024 Semarang yang berjumlah 33 peserta didik. Hasil penelitian menunjukan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada siklus I sebesar 70 % dengan kategori ” Cukup Kritis” menjadi 87,9 % dengan kategori ”Kritis”. Hasil tersebut mengindikasikan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas VII E SMP Negeri 24 Semarang pada pembelajaran IPA.

Downloads

Published

2024-05-11

Issue

Section

Articles