Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Siswa Kelas VIII Mata Pelajaran IPA melalui Praktikum dengan Metode Make a Match
Keywords:
kolaborasi, make a match, metode pembelajaran, observasi, praktikum.Abstract
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan adanya permasalahan rendahnya keterampilan kolaborasi siswa dalam pembelajaran IPA. Hal yang dapat dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut yaitu dengan menggunakan media ajar yang menarik dan metode pembelajaran yang lebih mengutamakan aspek psikomotorik siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan keterampilan kolaborasi siswa dengan menggunakan metode pembelajaran praktikum dan make a match. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 25 Semarang dengan subjek 32 siswa kelas VIII F. Data dikumpulkan berdasarkan observasi dan angket. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa penerapan metode Metode Make a Match dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa kelas VIII F di SMP Negeri 25 Semarang pada mata pelajaran IPA. Persentase pada angket keterampilan kolaborasi pra siklus sebesar 52,3%, siklus I sebesar 79,3%, dan siklus II sebesar 84,6%. Persentase pada observasi keterampilaan kolaborasi pra siklus sebesar 60%, siklus I menunjukkan sebesar 72,2%, dan siklus II sebesar 85,3%. Dengan demikian terdapat peningkatan dari siklus I ke siklus II.