Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas VIII SMP
Keywords:
Cooperative Learning; Hasil Belajar, Make a Match.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 39 Semarang melalui penerapan model cooperative learning (pembelajaran kooperatif) tipe make a match. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc Taggart dengan menggunakan 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu 1) Perencanaan; 2) Tindakan; 3) Observasi; dan 4) Refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII H SMP Negeri 39 Semarang dengan jumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan teknik tes dan non tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif komparatif dengan membandingkan hasil siklus I dan siklus II. Data yang sudah terkumpul lalu dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif yang diperoleh dari hasil belajar siswa. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada siswa dengan penerapan model cooperative learning tipe make a match pada siklus I dan siklus II yaitu pada siklus I sebesar 47% dan siklus II sebesar 87,5%.