Penerapan Problem Based Learning Berbasis SETS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas VIII Mata Pelajaran IPA

Authors

  • Sarisawati Intishar Universitas Negeri Semarang
  • Stephani Diah Pamelasari Universitas Negeri Semarang
  • Ristono Ristono SMP Negeri 39 Semarang

Keywords:

Hasil Belajar; IPA; PBL berbasis SETS.

Abstract

Mata pelajaran IPA memiliki karakteristik berupa konsep, prinsip, hukum, dan teori. Karakteristik tersebut bersifat abstrak, sehingga membuat peserta didik sulit memahami atau sekedar mengingatnya. Hal ini membuat peserta didik sulit menjawab pertanyaan saat penilaian, sehingga nilai yang didapatkan masih belum sesuai kriteria ketuntasan. Berdasarkan sifat dan karakteristik mata pelajaran IPA, pembelajaran hendaknya yang memberikan pengalaman nyata atau berdasarkan lingkungan sekitar peserta didik. Adanya pembelajaran berbasis lingkungan sekitar dapat membantu peserta didik mengingat pembelajaran berdasarkan pengalamannya. Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis SETS (Science, Environment, Technology, and Society) diharapkan dapat memberikan pemahaman konsep pada mata pelajaran IPA. Problem Based Learning berbasis SETS dalam implementasinya sesuai dengan permasalahan nyata yang berkaitan dengan lingkungan sekitar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran IPA materi unsur dan senyawa. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penilaian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dan setiap siklus terdiri dari: Perencanaan, Implementasi, Observasi, dan Refleksi. Pengolahan data penelitian ini dengan analisis statistik deskriptif menggunakan Microsoft Excel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model PBL berbasis SETS dapat meningkatkan hasil belajar, dengan hasil persentase pretest siklus 1 dan 2 (13% dan 19%), posttest siklus 1 dan 2 (71% dan 87%), hasil rata-rata LKPD siklus 1 dan 2 (87 dan 93), sejalan dengan aktivitas siswa yang meningkat. Peningkatan hasil belajar didapatkan dari pre-test dan post-test saat pembelajaran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model PBL berbasis SETS efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran IPA.

Downloads

Published

2024-05-12

Issue

Section

Articles