Peningkatan Minat Belajar IPA Peserta Didik melalui Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan Media Audiovisual

Authors

  • Diane Lutfia Rachma Universitas Negeri Semarang
  • Wainingrum Wainingrum SMP Negeri 7 Semarang
  • Ani Rusilowati Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Minat Belajar; Project Based Learning; Media Audiovisual.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar IPA peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan media audiovisual. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (classroom action research), yang melibatkan dua siklus dengan dua sesi pertemuan dalam setiap siklusnya. Subjek penelitian ini adalah 33 peserta didik kelas VII B di SMPN 7 SEMARANG. Teknik pengambilan data dilakukan menggunakan angket dan observasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan pada tahap pra siklus diperoleh rata-rata persentase minat belajar IPA peserta didik sebesar 68,07% “kategori rendah”. Pada siklus I diperoleh rata-rata persentase tingkat minat belajar IPA peserta didik sebesar 75,36% “kategori sedang”. Pada siklus II diperoleh rata-rata hasil persentase tingkat minat belajar IPA peserta didik sebesar 81,04% “kategori tinggi”. Hal ini menunjukkan peningkatan minat belajar IPA peserta didik dari Pra Siklus ke Siklus I sebesar 7,29% dan peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 5,68%. Berdasarkan hasil analisis data pra-siklus, siklus I dan siklus II, diperoleh peningkatan rata-rata pesertase keseluruhan minat belajar IPA sebesar 12,97%, sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan media audiovisual dapat meningkatkan minat belajar IPA peserta didik.

Downloads

Published

2024-05-07

Issue

Section

Articles